Ingin Usaha Sampingan Tanpa Modal? Ini Caranya

Monday, 23 May 2016

Siapa sih yang tidak ingin punya penghasilan lebih? Apalagi jika saat ini penghasilan dari pekerjaan utamamu belum mencukupi. Atau mungkin, kamu adalah mahasiswa yang perlu uang jajan lebih tetapi belum memungkinkan untuk bekerja full time. Solusinya, kamu harus pintar cari peluang sampingan, misalnya dengan membuat usaha sendiri. Tidak punya modal? Jangan patah semangat, ada kok beberapa jenis usaha sampingan yang tidak memerlukan modal. Kamu bisa menjual jasa berupa kemampuanmu di bidang tertentu seperti di bawah ini.

Penulis 
Punya hobi menulis cerpen dan punya cita-cita terpendam jadi penulis? Kamu bisa mengirimkan cerpenmu ke majalah atau koran. Beberapa majalah juga kerap meminta jasa penulis lepas untuk artikel-artikel tertentu. Saat ini terdapat juga agensi khusus yang berperan sebagai penyalur projek dari klien kepada para penulis lepas. Biasanya penulis akan mendapat projek berupa advertorial atau artikel tertentu dan sebagai kompensasinya kamu akan mendapatkan honor. Lumayan kan?

Desainer Grafis 
Saat ini kemampuan desainer grafis sangat berguna dan kerap dicari. Mulai dari membuat ilustrasi, desain undangan, buku tahunan, desain website, logo, kartu nama, dan masih banyak lagi. Pintar-pintar saja menjual kemampuanmu ini, misalnya dengan membuat banyak contoh karyamu dan mengunggahnya di media sosial. Kamu bisa menjadikan teman dan keluarga sebagai konsumen pertama, tidak perlu mematok harga terlalu tinggi, sehingga mereka bisa membantu mempromosikan jasamu.

Pembawa Acara
kalau selama ini kamu dikenal sebagai orang yangvramah, seru, lucu, dan sering diminta jadi MC acara kantor, kenapa nggak memanfaatkan bakatmu ini dengan menjadi MC? Mulai dari acara sweet seventeen adik teman-temanmu, acara sekolah, atau tawaran apapun yang datang, selama kamu merasa mampu dan cocok, terima saja. Modal yang kamu keluarkan hanyalah kemampuan ‘cuap-cuap’, siapa tahu nantinya bisa jadi sumber pemasukan yang menjanjikan.

Penyanyi
Punya suara merdu atau sering nge-band bersama teman-teman? Kamu bisa cari penghasilan tambahan dengan menjadi wedding singer atau pengisi di acara lainnya. Saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk menjual kebolehan kamu, misalnya dengan mengunggah video di Youtube atau cover lagu di Sound Cloud. Semakin tinggi jam terbangmu, pemasukan tambahanmu akan semakin besar.

Gimana, nggak harus keluar modal besar kan untuk menciptakan usaha sampingan?