Hobi Ini Pengaruhi Kecerdasanmu

Wednesday, 10 February 2016

Melakukan hobi ternyata tidak hanya bisa bikin kita happy.  Ada beberapa jenis hobi yang juga bisa meningkatkan tingkat inteligensia kita, seperti berolahraga dan membaca. Hal ini juga sudah terbukti secara ilmiah lho. Hobi apa sajakah itu?

Belajar bahasa baru
Penelitian menunjukkan, mereka yang bisa bicara dwi bahasa mampu menyelesaikan puzzle dengan lebih lancar dan akurat. Menurut publikasi dari National Academy of Sciences, bayi berumur 7 bulan yang dibesarkan dalam lebih dari satu bahasa menunjukkan tanda kecerdasan kognitif lebih tinggi. Kemampuan ini juga penting buat hari tua kita nanti, karena dapat menunda kepikunan serta Alzheimer’s dan Dementia hingga rata-rata 4,5 tahun. Makanya, saat asyik internetan, perbanyak deh nonton video berbahasa asing. Kalau hobi mainan smartphone, download saja aplikasi Duolingo yang bisa bantu kamu belajar lebih dari 18 bahasa. Kamu juga bisa berlatih dengan chatting dengan teman-teman dari mancanegara yang bisa kamu cari di social media atau forum dunia maya.

Main games
iapa bilang main games itu nggak berguna dan buang-buang waktu belaka? Studi terbaru yang dipublikasikan American Journal of Play, menemukan adanya peningkatan dalam persepsi, atensi, ingatan, dan pengambilan keputusan pada orang yang bermain action games. Selain itu, beberapa tipe video games berkualitas bisa jadi sumber pendidikan informal. So, selektiflah dalam memilih game, dan yang paling penting jangan sampai lupa waktu ya guys!

Rajin berolahraga
Peneliti dari Boston University School of Medicine sudah menemukan bukti keterkaitan antara kesehatan otak serta kemampuan kognitif dengan aktivitas fisik. Hal ini karena pada saat berolahraga, ada peningkatan jumlah hormon seperti “growth factor” yang bisa mengembangkan memori kita.

Memasak
Dengan memasak, kita bisa melatih mengambil keputusan dalam waktu lebih singkat, mengolah kreativitas, dan bisa menyelesaikan masalah. Makin enak masakan kita, makin timbul rasa percaya diri deh. Nah, kalau sudah pede seperti ini, stres akan hilang dan membantu kita fokus pada proses belajar yang lebih efektif.

Membaca
Rajin membaca akan menambah wawasan kita. Selain itu dengan membaca berbagai jenis bacaan, otak kita jadi terlatih dalam 3 tipe inteligensi (kecerdasan terkristal, cair, dan emosional). Hasilnya, kita bisa menyusun strategi problem solving yang lebih baik, sampai lebih tepat memahami dan merespons perasaan orang lain dalam hidup sehari-hari
 

Foto: Shutterstock