Harus Berbicara di Depan Banyak Orang? Ini Triknya!

Friday, 18 September 2015

Rasa malu, demam panggung, takut salah, dan takut dikritik, menjadi alasan bagi sebagian orang untuk menghindari bicara di depan umum. Padahal melakukan presentasi di depan klien atau ketika jadi pembicara pada sebuah event bisa menjadi kesempatan emas untuk menunjukkan kualitas kita. Jika kita sukses meninggalkan kesan positif di benak audiens, bahkan sukses menginspirasi mereka dengan ide kita, bisa jadi membuka pintu untuk naik ke jenjang karier yang lebih tinggi. Jangan biarkan ketakutan menghalangi langkah kamu. Tips berikut semoga membantu kamu lebih percaya diri berbicara di depan publik.

1.    Be well-prepared
Pelajari materi apa yang ingin kamu bawakan dan bagaimana cara terbaik menyampaikannya. Latih cara bicaramu di depan cermin atau di depan temanmu yang bisa memberi kritik dan saran yang membangun. Persiapan yang matang membantu percaya diri dan mengurangi rasa gugup.

2.    Jaga penampilanmu
Tampil menarik dan rapi saat berbicara di depan umum.  Selain membuat audiens percaya kalau kamu seorang professional yang patut didengarkan, penampilan juga bisa membantu percaya dirimu. Tapi tetap kenakan pakaian yang nyaman ya agar tidak menambah stres kamu.

3.    Lempar pertanyaan pada audiens
Sesekali lempar pertanyaan ke audiens, sesi public speaking lebih interaktif. Dengan melibatkan audiens, antusiasme mereka akan lebih meningkat. Alhasil poin yang kita bicarakan dapat tersampaikan dengan lebih mudah.

4.    Kenali audiensmu
Jika kamu tahu dengan siapa kamu berbicara, akan lebih mudah untuk kamu menentukan gaya bicaramu. Gaya bicara formal atau casual kamu tetap dapat berimprovisasi senyaman mungkin sepanjang tak melenceng dari konteks. 

5.    Rileks dan jangan panik 
Hal yang paling penting untuk berbicara di depan umum adalah rileks dan jangan panik, sempatkan pelajari inti topik bahasan utama dan sampaikan topik tersebut secara tepat, efektif tanpa bertele-tele.Panik hanya akan membuat konsentrasimu pecah akibatnya pesan yang kamu sampaikan bisa membuat audiens bingung. Jaga konsentrasimu dengan mengonsumsi multivitamin hemaviton Stamina Plus yang mengandung Ginseng untuk meningkatkan stamina dan L-Glutamic Acid untuk meningkatkan konsentrasi sehingga stamina selalu bagus dan pikiran tetap fokus.

Foto: Shutterstock