Hal Gila yang Dilakukan Orang Saat Bermain Smartphone

Wednesday, 19 October 2016

"Perhatian, jangan gunakan ponsel Anda jika sedang menyetir!" Kalimat ini sering kita muncul di layar gadget kita di kala kita sedang membuka aplikasi dalam kendaraan yang melaju cepat. Imbauan seperti ini bukannya tidak penting, apalagi sengaja dimaksud untuk mengganggu kenyamananmu bermain. Kini peringatan ini jadi salah satu elemen yang wajib ditayangkan para perusahaan pengembang aplikasi smartphone. Alasannya tak lain akibat makin banyaknya kasus cedera akibat orang di seluruh dunia menggunakan gadget dengan kurang bijak. Contohnya dalam kasus-kasus berikut :

Penggila PokemonGo
Masih ingat kan, hangatnya pemberitaan menyusul demam PokemonGo yang melanda dunia pada pertengahan tahun 2016 lalu? Para pecinta Pokemon di seluruh dunia sering melakukan hal unik, terkadang kontroversial dan berbahaya. Contohnya cerita 20 anak muda yang mencuri perahu demi menangkap pokemon di tengah danau New Brighton, Inggris; 2 pemain yang jatuh dari tebing setinggi 25 meter lebih di Amerika Serikat; sampai kejadian tragis remaja Guatemala yang ditembak hingga tewas karena masuk tanpa ijin ke rumah orang saat berburu Pokemon.

Nekad bermain handphone saat mandi
Seorang wanita di Rusia tewas tersetrum saat ia nekad menerima telepon saat ia sedang mandi. Seperti yang dilansir situs Daily Mail, Evgenia Sviridenko ini sedang berendam di bathtub sambil bermain iPhone yang saat itu dalam keadaan mengisi daya dan tersambung dengan soket. Ponsel naasnya ini tiba-tiba terjatuh ke dalam bak mandi di mana ia sedang berendam. Malang menimpa, warga Moskow ini akhirnya tewas tersengat listrik.

Selfie di tempat-tempat berbahaya
Demi mendapatkan foto selfie yang keren, banyak hal gila yang rela dilakukan orang. Namun sejak 2014, isu bahaya selfie mulai merebak menyusul tren selfie sambil melakukan aksi berbahaya akhirnya berujung beberapa kasus kematian tragis. Seperti kasus tiga pemuda India yang nekad berfoto mendekati kereta yang sedang melaju, atau dua tentara yang tewas di Rusia karena granat yang mereka pamerkan saat selfie tiba-tiba meledak. Kasus-kasus tersebut bahkan mendorong pemerintah untuk turun campur tangan. Pihak pemerintah India mengeluarkan rambu larangan selfie di area rawan kecelakaan, dan pemerintah Rusia pun mengeluarkan aturan pengambilan selfie secara resmi.

Menangis karena baterai ponselnya habis
Kalau sudah terlanjur kecanduan smartphone, hidup rasanya nggak lengkap kalau pergi ke manapun tanpa menenteng alat elektronik tersebut. Cerita ini bukan fenomena yang jarang terjadi, dan mungkin kamu juga salah satu pecandu smartphone tanpa kamu sadari. Tapi untuk seorang wanita asal Hongkong, kehabisan baterai ponsel nampaknya serupa dengan akhir dunia. Sebuah video viral yang diunggah akun Facebook bernama Akira Chan menunjukkan seorang wanita muda berambut pendek yang berteriak-teriak merengek dengan kencang kemudian menangis layaknya anak kecil setelah ponselnya mati dalam perjalanan. Peristiwa unik ini terjadi Juli 2015 lalu di angkutan umum MTR subway di Hong Kong. Tanpa sedikitpun rasa malu dan tanpa peduli orang di sekitarnya sudah merasa sangat terganggu, wanita muda ini tetap berulang-ulang merengek bahkan menghentak-hentakkan kakinya di lantai kereta untuk melampiaskan rasa frustasinya.

Contoh-contoh unik di atas tentunya tak patut kita contoh. Tetapi kita bisa belajar dari peristiwa yang sudah lewat ini agar lebih bijak dalam menggunakan ponsel kita. Jangan sampai kita sendiri jadi salah satu penyumbang cerita aneh seperti 4 contoh tadi! Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya juga kita mengindahkan aturan yang ada. Hindari juga terdistraksi dengan ponsel saat melakukan aktivitas apapun yang menuntut konsentrasi serta bisa menyebabkan celaka, seperti menyetir. Larangannya sudah sangat jelas, dan sanksinya juga tegas di berbagai negara. Yuk jadi pengguna smartphone yang smart!