Film-film Inspiratif yang Bikin Semangat Kerja

Thursday, 19 May 2016

Setiap hari kamu harus berhadapan dengan jalanan macet, pekerjaan menumpuk, dan berbagai meeting. Tanpa sadar, kamu jadi sering mengeluhkan rutinitas kerjamu. Jika itu yang kamu alami setiap hari, hati-hati! Keluhan yang kamu lontarkan bisa memberi pengaruh negatif untuk dirimu. Kamu jadi lebih pesimis dan kehilangan semangat kerja. Padahal setiap pekerjaan, apapun itu, pasti memiliki kesulitan dan tantangannya sendiri. Tantangan dalam dunia kerja juga sering diangkat menjadi tema untuk film, lho. Coba tonton daftar berikut ini dan ambil pelajaran dari para tokohnya, agar kamu semangat dan fokus kerja lagi!

The Devil Wears Prada 
Andrea (Anne Hathaway), seorang lulusan jurnalistik dari kota kecil mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai asisten editor in chief majalah high fashion ternama. Ia bukan hanya harus menyesuaikan diri dengan culture perusahaan, tetapi segudang tuntutan dari atasan yang seringkali tidak masuk akal. Kesibukan kerja bukan hanya menyita waktunya tetapi mulai mengganggu kehidupan cintanya.

Solusi Andrea: Meski berat, Andrea berusaha memberikan performa terbaiknya di kantor. Ia berhasil beradaptasi dengan lingkungan kerja dan karakter atasan. Meski di akhir cerita ia memutuskan mengundurkan diri, namun ia sukses mendapatkan kepercayaan dan kesan baik dari atasan. Dengan mudah ia memperoleh pekerjaan baru (sesuai impiannya) berkat kemampuan dan rekomendasi dari mantan atasannya tersebut.

The Internship
Dua salesman, Billy dan Nick kehilangan segalanya ketika tenaga mereka ‘tak terpakai’ lagi di era digital. Agar bisa survive, keduanya berusaha mendapatkan kesempatan magang di perusahaan teknologi raksasa, Google. Ketika akhirnya berhasil diterima, mereka pontang-panting mengejar ketinggalan mereka akan dunia digital dan bersaing dengan para pemagang lain yang genius dan berusia jauh lebih muda.
Solusi Billy dan Nick: Jangan mundur hanya karena kamu merasa tidak sepintar orang lain. Kamu bisa belajar dari siapa saja, sekalipun itu orang yang lebih muda atau yang kamu anggap nerd. Bersikap baik dan jaga hubunganmu dengan semua orang karena siapa tahu suatu hari mereka justru akan jadi sosok yang membantumu.

The Secret Life of Walter Mitty
Manajer aset negatif film majalah Life, Walter Mitty, harus menerima kenyataan bahwa majalah tempatnya bekerja akan menerbitkan edisi terakhirnya. Walter sangat kecewa karena ia telah bekerja sebaik mungkin selama 16 tahun di majalah tersebut. Belum lagi ia kehilangan negatif film untuk cover Life edisi terakhir. Saat itu ia memutuskan melakukan perjalanan yang luar biasa demi menyelesaikan tanggung jawab terakhirnya untuk majalah Life.

Solusi dari Walter: Percayalah bahwa kerja keras tidak pernah sia-sia. Jadilah orang yang tekun namun juga berani mengambil risiko. Jangan kehilangan meski beberapa rekan di kantor meragukan kemampuanmu, tunjukkan kemampuan terbaikmu!

The Intern
Meski sudah pensiun, Ben masih ingin terus produktif. Ia pun melamar posisi magang untuk pada sebuah e-commerce fashion yang dipimpin oleh Jules, CEO yang berusia jauh lebih muda daripada Ben. Meski awalnya diragukan oleh Jules, pada akhirnya Ben berhasil membuktikan bahwa usia tidak menghalangi kariernya.

Solusi dari Ben: Mungkin saja suatu hari kamu harus menghadapi dipimpin oleh bos yang lebih muda dan bergaul dengan teman-teman kantor yang tidak seusia denganmu. Tidak perlu gengsi untuk belajar dari mereka. Tunjukkan juga bahwa kamu bekerja dengan hati sehingga hasilnya selalu lebih baik.