Demam Wisata Kuliner

Thursday, 09 July 2015

Bagi para pecinta kuliner, berwisata ke suatu kota di Indonesia rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah itu. Namun karena terlalu banyaknya pilihan, terkadang kita bingung mau memilih yang mana. Apalagi kalau ditambah waktu dan budget yang terbatas. Tapi ini makanan yang wajib dicoba kalau berkunjung ke kota-kota berikut. 

Nama : Coto Konro
Asal    : Makassar
Kalau ke Makassar dan tidak makan Konro, rasanya pasti ada yang kurang. Coto Konro adalah sop iga sapi yang berwarna agak gelap dan kaya akan rempah sehingga beraroma cukup kuat. Konro itu sendiri berarti tulang di bahasa Makassar, oleh karena itu sop iga sapi ini dihidangkan komplit dengan tulang-tulangnya. Walaupun tulangnya hampir mendominasi piring, jangan takut susah makannya karena coto konro memiliki daging yang sangat empuk dan mudah dimakan. Oh ya, coto konro juga biasa dimakan dengan ketupat kecil yang sudah dipotong-potong. 

Nama : Gulai Ikan Patin
Asal    : Jambi
Gulai Ikan Patin adalah salah satu hidangan khas dari Jambi yang bisa membuat kamu ketagihan. Yang membuat gulai ini unik adalah karena ia dimasak menggunakan dengan tempoyak. Tempoyak sendiri adalah buah durian yang sudah difermentasi terlebih dahulu. Seperti yang bisa dibayangkan, aroma dari gulai ini lumayan menyengat. Untuk kalian yang tidak tahan baunya, kalian bisa mencari gulai ikan patin yang dimasak dengan santan kelapa. Sama-sama enak kok!

Sate Plecing

 
Nama : Sate Plecing
Asal    : Bali
Jika sate biasa dihidangkan dengan bumbu kacang, maka sate khas Bali ini dibumbui dengan bumbu plecing. Sate plecing dapat terbuat dari daging babi, daging sapi, ayam, maupun ikan. Plecing sendiri adalah sambal tomat yang diracik dengan cabai rawit, garam terasi, dan rempah-rempah khas lainnya. Sekali dicoba, rasanya pasti membuat kamu tidak bisa berhenti makan. 

Rendang

Nama : Rendang
Asal    : Padang
Rendang sudah menjadi menu wajib di setiap restoran Padang di seluruh dunia! Rendang sendiri adalah daging sapi atau kerbauyang dipotong persegi dan dimasak dengan santan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya yang membuat rasanya sedikit pedas. Oh ya, rendang juga pernah dinobatkan sebagai juara dunia di World’s 50 Most Delicious Foods yang digelar oleh CNN Travel pada tahun 2011 lalu!

Banyaknya tempat makan enak yang bisa dikunjungi memang bisa membuatmu tergiur untuk mencoba semuanya. Tapi ingat lho, makanan tertentu juga dapat menaikkan tingkat kolesterolmu. Kolesterol yang terlalu tinggi berbahaya karena dapat mengendap dalam pembuluh darah dan menyumbat aliran darah. Jika aliran yang tersumbat mengarah ke jantung, risikonya bisa fatal. Oleh karena itu, jangan lupa konsumsi hemaviton Cardio. Mengandung vitamin dan mineral penting seperti Phytosterol, hemaviton Cardio dapat menghambat dan mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.