Daftar Kuliner yang Layak Kamu Coba Sepanjang Jalur Mudik

Monday, 11 June 2018

Bagaimanakah perjalanan mudik yang biasanya kamu lakukan? Apakah kamu memilih mudik lewat jalur darat dengan kendaraan pribadi? Jika ya, pasti kamu sudah terbiasa mengarungi kemacetan sepanjang perjalanan ya! Akan tetapi jika dilakukan bersama keluarga pasti tetap terasa menyenangkan. Apalagi salah satu kelebihan mudik dengan cara ini, kamu berkesempatan mencoba berbagai kuliner yang ada di sepanjang jalur mudik. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang patut kamu coba di perjalanan ya!

Jalur Utara

Sate Tegal

Di jalur mudik tepatnya mulai dari Losari hingga Tegal, kamu akan banyak menemukan penjual sate tegal. Seperti apa sih sate Tegal itu? Sate Tegal sebenarnya adalah sate kambing. Namun yang membuatnya istimewa, daging kambing yang digunakan berasal dari kambing muda berusia 3 sampai 5 bulan. Dagingnya empuk bercampur dengan lemak, hati, dan ginjal. Dibakar dengan bumbu yang sederhana sehingga rasa gurih daging kambing tetap menonjol. Sate ini lebih nikmat dimakan dengan bumbu kecap yang dicampur bersama irisan cabai rawit, bawang merah, dan tomat.

Soto Pekalongan

Soto Pekalongan atau dikenal juga dengan tauto Pekalongan, adalah salah satu alternatif kuliner di jalur Pantura yang bisa kamu coba. Makanan berkuah ini berisikan campuran bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk, serta dilengkapi jeroan sapi dan suwiran daging ayam. Kuahnya tersedia dalam pilihan kaldu daging sapi dan kaldu ayam. Namun rasa uniknya muncul karena tauco menjadi salah satu campuran bumbunya. Bagaimana ya kira-kira rasanya?

Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas Cirebon. Kenikmatannya tak perlu diragukan lagi. Bayangkan saja jika di saat lelah karena arus mudik, kamu singgah dan berbuka puasa dengan semangkuk daging sapi berkuah santan yang dibumbui berbagai rempah nikmat. Lezat sekali ya membayangkannya?

Jalur Selatan

Nasi Bancakan

Singgah di Bandung adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mudik melewati jalur selatan. Bandung adalah surganya kuliner dan jajanan. Di sini kamu bisa menikmati berbagai makanan favorit nusantara. Salah satu yang sayang dilewatkan adalah nasi bancakan, dimana kamu bisa menikmati berbagai makanan khas Jawa Barat secara prasmanan. Lauk pauk yang tersedia sangat beragam sehingga cocok untuk kamu dan keluarga yang bingung menentukan tempat makan.

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom sebenarnya adalah nasi putih panas yang dicampur oncom yang telah dibumbui lalu dinikmati bersama sambal dan lalap. Sederhana bukan? Namun kelezatannya mampu membangkitkan selera makan. Kamu bisa menyantapnya dengan lauk-lauk sperti ayam atau ikan goreng, namun percaya deh lauk yang dimakan bersama nasi tutug oncom akan terasa lebih nikmat!

Soto Sokaraja

Salah satu soto nusantara yang wajib kamu coba! Soto Sokaraja berisikan daging sapi atau ayam, taoge, soun, dan kerupuk merah. Kuahnya meruapakan kaldu ayam bening kekuningan yang sedap. Untuk menikmatinya kamu harus mencampurkan bumbu kacang (bukan sambal) sehingga kuah soto menjadi kental dan gelap. Soto Sokaraja umumnya dinikmati bersama potongan ketupat. Sedap dan mengenyangkan sekali! Soto ini bisa kamu nikmati saat singgah di daerah Purwokerto.

Menikmati kuliner memang bisa jadi cara agar perjalanan mudik kamu lebih menyenangkan. Namun kadar kolesterol tetap harus diperhatikan. Jangan sampai setibanya di kampung halaman nanti, kadar kolesterolmu meningkat dan kegiatan di hari raya malah jadi terganggu. Jadi, siapkan hemaviton Cardio untuk menikmati perjalanan mudikmu. Kandungan Phytosterol-nya mampu memblok kolesterol agar tidak masuk ke dalam darah. Juga dilengkapi dengan Vitamin dan Mineral antioksidan penting untuk menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah. Minum tiga kali sehari pada saat dan setelah makan. Selamat berwisata kuliner!