DJ Profesi Seru Masa Kini

Tuesday, 03 November 2015

Seorang DJ alias Disc Jockey bertugas memilih, menyambung, atau mengolah musik dengan perangkat elektronik. Kamu mungkin pernah mendengar nama DJ seperti Avicii atau Zedd, tapi gimana dengan DJ profesional di dalam negeri?

Winky Wiryawan dan Angger Dimas adalah contoh DJ terkemuka dari dalam negeri. Di usianya yang masih muda karya Angger Dimas sudah diakui. Ia bahkan telah telah berkolaborasi dengan DJ top dunia, Steve Aoki. Tidak hanya pria, wanita juga tidak tabu memilih profesi ini. Kalau kamu penggemar musik EDM, nama DJ Davina mungkin sudah tidak asing. Davina adalah pelopor kemunculan DJ wanita di Indonesia.

Serupa profesi lainnya, ada berbagai keterampilan yang dibutuhkan agar jadi seorang DJ berkualitas: menguasai peralatan seperti turntables, kemampuan menghitung bar dan ketukan, menganalisa komposisi lagu dan gelombang audio, meramu mix hingga menciptakan lagu yang utuh. Selain didapatkan dari pengalaman tampil di panggung, keterampilan ini dapat pula diasah melalui sekolah khusus DJ. Jangan lupa, kreativitas kamu juga berperan penting di sini.

Saat ini, makin banyak anak muda yang ingin mencoba serunya mengulik musik EDM lewat sekolah DJ. Hal ini tak lepas dari naiknya popularitas electronic dance music alias “EDM” sejak lima tahun terakhir. Jadi DJ yang bisa bikin musik menghentak dengan tempo cepat memang terasa keren dan “kekinian”. Bahasa gaulnya, DJ “hacep”. Kamu tertarik?

Foto: Shutterstock