Co-working Space untuk Pekerja Freelancer

Thursday, 15 October 2015

Buat kamu para pekerja lepas atau pemilik perusahaan start-up di perkotaan, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah co-working space. Tempat kerja yang menyediakan fasilitas kantor ini berbeda dengan kantor biasa. Salah satu pembedanya yaitu skema sewanya. Jika kantor biasa dapat disewa dalam hitungan per tahun, co-working space dapat disewa per jam atau per hari. Selain itu jika di kantor biasa kita memiliki ruangan sendiri bersama rekan kerja, di sebuah co-working space, kita lazim bekerja berdampingan dengan pekerja dari start-up lain.

co-working space ini mulai menjamur seiring dengan semakin meningkatnya jumlah pekerja yang umumnya berkecimpung di dunia kreatif. Pekerjaan mereka yang tak melekat pada satu kantor tertentu, membutuhkan tempat kerja yang tak bersifat permanen, bisa disewa per hari atau per minggu, dengan fasilitas serupa kantor yang nyaman dengan harga terjangkau.

Jika bicara fasilitas, umumnya sebuah co-working space dilengkapi pendingin ruangan, dispenser, dan akses internet via Wi-Fi. Di luar itu, ada beberapa ragam fasilitas tambahan, tergantung tempat dan biayanya. Co-working space Conclave yang bertempat di bilangan Jakarta Selatan, menawarkan fasilitas minuman espresso free-flow hingga game room dan shower room. Jika ingin berolahraga sebelum atau sesudah bekerja, ada WorkOUT di Gelora Bung Karno Sport Complex yang menyediakan fasilitas sepeda. Tak hanya di ibukota, di Bandung ada BDV (Bandung Digital Valley). Untuk menikmati fasilitas BDV, pengunjung tidak dikenakan biaya namun diwajibkan mendaftarkan diri di situsnya terlebih dahulu.

Selain di Jakarta dan Bandung, co-working space kini mulai dapat ditemukan di banyak tempat di Indonesia. Di Depok ada CodeMargonda yang bebas biaya bagi perusahaan non-profit. Di Yogyakarta hadir HackerSpaceYK yang menargetkan komunitas kreatif. Tak kalah menarik, Bali pun punya beberapa co-working space, seperti Startup Getaway yang menawarkan konsep co-living space dengan persewaan vilanya yang nyaman dan bernuansa alam khas Bali.

Gimana, tertarik coba coworking space untuk mengembangkan start-up kamu? Berpindah-pindah kantor memang lebih tidak membosankan, tetapi kadang bisa melelahkan. Padahal sebagai entrepreneur kamu dituntut selalu tampil segar, aktif, dan energik saat bertemu kolega atau saat mempresentasikan idemu pada klien. Untuk itu, perbanyak konsumsi buah dan makanan sehat serta sedia hemaviton Action kemanapun kamu pergi ya, agar kamu selalu siap action!