Cara Melepas Stres di Hari Kerja

Wednesday, 07 January 2015

Pekerjaan yang menumpuk dan rekan kerja yang banyak maunya memang sering membuat stres. Belum lagi jika masalah pribadi juga datang menghadang, konsentrasi kerja jadi terganggu. Tapi, bukan berarti stres di hari kerja tidak bisa dilepaskan lho. Coba baca tips melepas stres berikut ini.

Istirahat
Dalam keadaan stres, jangan paksakan diri untuk menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Keluarlah untuk makan siang bersama teman lalu mengobrol. Buatlah diri menjadi rileks dan santai. Jika mood sudah kembali baik, barulah lanjutkan pekerjaanmu.

Bernafas
Tips ini mungkin terdengar klasik, tapi dengan teknik pernafasan dapat membantu kamu untuk lebih relaks dan mengurangi stres. Tarik nafas dalam-dalam, kemudian tahan sebentar dan hembuskan perlahan. Lakukan metode ini beberapa kali hingga kamu merasa lebih baik.

Mendengarkan musik
Musik yang ceria dan bersemangat dapat mengurangi stres yang sedang kamu alami lho. Cobalah mendengarkan musik saat bekerja. Semangatmu akan terpacu bila mendengarkan musik favorit. Dengan begitu, kerjaan selesai, stres pun menjauh.

Jangan dengarkan hal buruk
Beberapa orang lebih memikirkan apa yang dibilang orang lain akan pekerjaan mereka. Kalau sudah begitu, apabila terjadi kesalahan, rasanya stres lebih cepat datang. Padahal, menurut ahli meditasi Robert Puff, Ph.D. lewat risetnya yang ditulis Sport Medicine menyebutkan, "Kunci untuk hidup sehat dan bebas stres adalah dengan hanya melakukan apa yang ingin kamu lakukan," katanya. "Ketika kamu kehilangan komentar yang menjatuhkan mentalmu, maka itu kebebasan itu lebih terasa."

Masalah dalam pekerjaan adalah tantangan yang harus kamu hadapi setiap hari. Namun kalau tahu cara mengatasinya, stres kini bukan lagi penghalang kinerja kamu kan?

So, jangan biarkan stres mengalahkanmu ya! (fb/ay)

Sumber:
http://www.fitbie.com/2014/03/20/ways-stress-less diakses pada 12 November 2014