Cara Instan Atasi Grogi Saat Presentasi

Thursday, 15 October 2015

Persiapan sudah matang dilakukan, tapi tetap saja rasa grogi tidak hilang saat presentasi menjelang. Bagaimana agar kegugupan tidak merusak presentasi penting kamu? Lakukan ini saja ya!

1.    Pijat.
Coba pijat dan tekan bagian kening untuk menstimulasi energi pada otak bagian depan dan pusat bicara. 

2.    Fokus Pada Materi.
Tujuan utama audiens kamu hadir adalah ingin mendengarkan apa yang kamu sampaikan lho, bukan hendak menilai cara bicara kamu saat presentasi saja. Jadi fokus pada materi akan membantu kamu lebih relaks juga. 

3.    Hening sejenak.
Tidak perlu takut akan jeda kosong. Kamu tak harus langsung 'asyik' berbicara begitu ‘terjun’ di muka umum. Sesaat sebelum bicara, tarik napas sejenak dan senyum pada audiens kamu. Ini akan memberi kamu waktu untuk beradaptasi dengan posisi kamu yang seketika menjadi pusat perhatian.

4.    Bergerak.
Saat melakukan presentasi, berjalan mondar-mandir atau menggerak-gerakkan tangan dengan luwes akan membantu mengalihkan energi dari kegugupan kamu.

5.    Nyontek saja.
Tidak ada yang mengharuskan kamu menghafal setiap kata dalam presentasi kamu. Contekan poin-poin penting dalam kertas di tangan bisa membantu membuat kamu lebih tenang.


Tekanan yang tinggi dapat membuat stres dan mengacaukan konsentrasi hingga presentasimu terganggu. Jangan tunda, konsumsi hemaviton Performance yang mengandung Ginseng Extract yang dapat meningkatkan stamina. Tubuh yang berstamina dapat membantu kamu lebih konsentrasi saat beraktivitas, stress pun dapat berkurang. Ditambah kandungan L-Glutamic Acid di dalamnya, hemaviton Performance akan membantu meningkatkan fungsi syaraf dan daya tangkap agar dapat berkonsentrasi dalam segala hal. Kemasan sekali minum bikin kamu mudah mengonsumsinya di mana saja dan kapan saja.