Brand Lokal Rasa Internasional

Tuesday, 22 November 2016

Untuk sebagian dari kita, rasanya ada kebanggaan dan gengsi tersendiri kalau jadi salah satu konsumen barang branded bermerek luar negeri. Tetapi tahukah kamu, bahwa sentimen gengsi ini juga ditangkap oleh beberapa pengusaha lokal? Dengan besutan tangan dingin mereka yang jeli menangkap tren, produk lokal pun akhirnya bisa dipasarkan dengan rasa internasional. Makin bangga dong, pada produk asli Indonesia yang keren berikut ini :

WAKAi
Tren sepatu Wakai yang sempat melanda anak muda perkotaan Indonesia tentu nggak lepas dengan desainnya yang simple tapi unik mengadaptasi gaya fashion Jepang. Selain membubuhkan aksara Jepang pada merknya, domain situs WAKAi pun memakai akhiran .jp yang merupakan ciri khas situs Jepang. Siapa sangka ternyata Wakai sebetulnya keluaran perusahaan Indonesia, PT Metroxx Global. Dari segi harga, WAKAi masuk ke pangsa konsumen kelas menengah ke atas, jadi di mata masyarakat sepatu kanvas ini terkesan bukan sepatu sembarangan. Bahkan mampu menyaingi sepatu espadrilles merk Toms dari California yang sudah populer sebelumnya.

HokBen
Apakah kamu jadi salah satu yang hobi makan di restoran cepat saji ala Jepang ini? HokBen yang sudah berubah nama dari Hoka-hoka Bento sejak tahun 2013 ini memang disukai oleh masyarakat Indonesia. Strategi pemasarannya sungguh jitu, membuat Hokben seolah berasal dari Jepang.

Polytron
Kamu punya barang elektronik seperti televisi, radio, lemari es atau AC berlabel Polytron di rumah? Tahukah kamu kalau benda tersebut ternyata merupakan hasil produksi pabrik Polytron di Jawa Tengah. Karena kualitasnya yang baik, banyak yang tidak percaya kalau merk Polytron bukan berasal dari negara Asia Timur seperti Jepang atau Korea. Padahal Polytron adalah besutan PT Hartono Istana Teknologi, yang satu grup juga dengan PT Djarum.

Terry Palmer
Merk handuk yang satu ini sering banget disangka produk impor. Mungkin ada hubungannya dengan pilihan nama “Terry Palmer” yang terkesan kebarat-baratan. Nggak lantas “berat di nama” belaka, Terry Palmer juga sukses membuat konsumen percaya pada mutu dan higienitas karena memakai teknologi mutakhir. Kerennya lagi, hasil produksi pabrik Terry Palmer di Tangerang bisa menembus pasar Eropa, Jepang, dan Amerika lho!

The Executive
Salah satu merk yang berada di bawah naungan Delami Brands ini selalu mengedepankan desain yang berkelas untuk pakaian kerja dan formal. Dari foto modelnya dan nama brand The Executive sendiri memang berpengaruh menciptakan kesan bahwa ini adalah merk berkualitas dari luar negeri. Justru ini menguntungkan buat kita ya, karena kita pun bisa membeli fashion bergaya Eropa dengan harga yang lebih terjangkau tanpa terbeban biaya impor!