Berantakan Tanda Kreatif?

Monday, 19 October 2015

Studi yang dilakukan Universitas Minnesota menemukan kalau orang-orang dengan meja berantakan cenderung lebih kreatif dan berani mengambil risiko, sementara mereka yang mejanya lebih rapi cenderung mengikuti aturan. Lingkungan yang tidak beraturan disebut-sebut sebagai tanda membebaskan diri dari tradisi sehingga memberikan inspirasi yang segar.

Kathleen D. Vohs, peneliti dalam studi tersebut mengungkapkan berantakan yang dimaksud tentu bukan dalam artian jorok dengan sampah di mana-mana. Ia mencontohkan, majalah atau buku-buku yang berpotensi memberikan inspirasi akan lebih baik dibiarkan di sekitar kamu bekerja, bukannya tersusun rapi di rak. Sehingga kamu mudah meraihnya kapan pun kamu butuhkan.

Namun dalam penelitian yang sama juga menunjukkan mereka yang mejanya lebih rapi dan teratur cenderung lebih memilih menu sehat dan dermawan. Mereka juga lebih terkesan profesional di mata sejawat. Hmm.. jadi harus bagaimana ya?

Profesor Vohs menyarankan, saat mencari ide atau inspirasi kamu bisa membiarkan meja kamu berantakan, tetapi ketika ide sudah ditemukan dan ingin menyelesaikan tugas tertentu dan lebih produktif, ayo rapikan mejamu dan mulailah bekerja.

Foto: Shutterstock