Belajar Kelompok Bikin Lebih Konsentrasi Hadapi Ujian

Wednesday, 07 January 2015

Terkadang, ujian memberikan rasa takut pada sebagian orang. You are one of them? Tenang, ujian nggak menyeramkan seperti yang kamu pikirkan kok. Selagi kamu sudah belajar dengan giat, percayalah ujian bisa kamu taklukkan dengan mudah.

Setiap orang memiliki metode sendiri dalam belajar, tapi ada satu cara agar konsentrasimu lebih terjaga saat mencari ilmu, lho. Yup, belajar kelompok! Metode belajar ini bisa memudahkan kamu untuk bisa lebih konsentrasi. Pasalnya kamu nggak akan sendirian dalam menghadapi kesulitan belajar, karena ada teman-teman lain yang  akan ikut membantu.

Saat belajar kelompok, kamu bisa saling tukar pendapat dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini membuat pemahaman akan semakin kaya dan kesulitan belajar yang selama ini dipendam dapat terpecahkan. Selain itu, belajar bersama teman-teman yang bersemangat akan memberikan sugesti untuk lebih semangat belajar lagi.

Gunakan kesempatan ini untuk belajar cara teman yang lain mengatasi kesulitan belajarnya. Di sini kamu bisa mendengar berbagai cara yang bisa kamu coba. Belajar kelompok juga bisa membuat kamu lebih disiplin lho, pasalnya tugas yang akan dikerjakan sudah terjadwal di acara belajar kelompok. Berbeda jika ingin belajar sendiri, pasti lebih sering menunda pekerjaan.

Hal yang perlu diperhatikan saat belajar kelompok adalah pemilihan teman yang akan diajak belajar, pastikan mereka memiliki tujuan yang sama untuk lebih memudahkan belajar. Selain itu, pilih tempat dan waktu yang tepat. Lebih baik pilih tempat disalah satu rumah teman, agar orang tua bisa ikut mengawasi proses belajar. Kemudian, jangan terlalu malam karena dapat membahayakan jika pulang terlalu larut.

Good luck for the exam ya! (tu/ay)

Sumber:
http://www.topuniversities.com/blog/joining-study-group-benefits diakses pada 11 November 2014