Bebas Holiday Blues Saat Liburan

Tuesday, 19 January 2016

Liburan memang hal yang sering dinantikan banyak orang. Apalagi di tahun 2016 ini banyak banget tanggal merah yang bisa kamu manfaatkan untuk refreshing. Tapi tidak semua orang bisa menyambut liburan dengan kegembiraan. Ada lho yang justru merasa cemas bahkan cenderung depresi ketika liburan datang. Apalagi jika waktu liburan cukup panjang. Penyebabnya bisa beragam, seperti baru kehilangan orang terdekat, sedang berkonflik dengan keluarga, sampai stres karena tuntutan yang harus dipenuhi saat liburan seperti menyelenggarakan reuni keluarga atau sekolah, pesta kantor, sampai beban biaya yang juga menyita pikiran. Tidak jarang juga kebiasaan membandingkan liburan kita dengan liburan orang lain membuat kamu jadi nggak menikmati aktivitas liburanmu sendiri.

Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Bisa jadi, holiday blues tengah menghantui kamu. Menurut Psychology Today, gejala holiday blues dapat mencakup sakit kepala, insomnia, kecemasan, gangguan pencernaan, hingga berkonflik tidak penting dengan keluarga atau sahabat. 
Nah, agar tanggal-tanggal merah berikutnya bisa kamu nikmati sepenuhnya. Yuk lakukan hal-hal berikut untuk usir holiday blues:

1. Hindari berharap liburan akan berlangsung seperti saat kamu masih kecil dulu dimana orangtua sudah menyiapkan segalanya untukmu. Situasi sudah berbeda sekarang begitu juga keadaan kamu dan keluarga.

2. Kalau kamu sering merasa iri dengan gaya liburan teman-temanmu. Istirahatlah dulu beraktivitas di dunia maya agar kamu tidak perlu melihat postingan teman-temanmu. 

3. Bangun suasana hatimu menjadi lebih baik di pagi hari. Lakukan aktivitas seni seperti menggambar, menulis puisi, menyanyi atau dance. Aktivitas seperti fotografi atau melukis bisa membawamu ke tempat berbeda dan mengusir kesedihan yang kamu rasakan.

4. Tetap realistis dengan jadwal liburan kamu. Jangan memaksakan diri untuk memenuhi semua undangan dan melakukan semua acara. Kelelahan bisa bikin seseorang jadi cranky dan mudah tersulut emosi. Tentukan prioritas.

5. Kalau kamu pikir junk food dan alkohol bisa menghibur kamu, pikir lagi deh. Alkohol nggak akan bikin kesedihanmu hilang justru bisa memperburuk gejala kecemasan bahkan depresi. Pilih makanan yang segar dan sehat. Di dalam tubuh yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat.

Foto: Shutterstock