Atur Ulang Keuangan dari Awal Tahun

Wednesday, 10 February 2016

Gali lubang tutup lubang terus setiap bulan? Kapan kayanya ya kalau gaji tidak bertambah. Tapi jangan khawatir ada lho strategi yang bisa dilakukan agar kamu bisa hidup bebas dari beban utang. Kalau kamu pengen cicilan motormu lunas tanpa tersiksa, atau punya target mengumpulkan uang muka rumah tahun ini, baca tips berikut ya!

1. Ubah kebiasaan
Awal tahun adalah saat yang pas mengubah kebiasaan menjadi lebih baik. Termasuk dalam mengatur keuangan. Tinggalkan kebiasaan malas mencatat pengeluaran dan mudah mengambil utang. Meski terlihat sepele mencatat pengeluaran adalah cara klasik yang jitu untuk mengendalikan pengeluaran kamu.

2. Petakan utangmu
Buat daftar cicilan utangmu. Misalnya kamu punya cicilan ponsel, motor, dan kulkas. Nah misalnya saat cicilan ponselmu lunas, jangan dulu menganggap utangmu berkurang. Tetap keluarkan jumlah yang sama dalam pos utangmu agar utangmu yang tersisa lebih cepat lunasnya.

3. Berkorban sedikit
Kurangi kegiatan yang membuatmu boros seperti sering nongkrong di kafe hingga hal sepele seperti jajan bolak-balik di mini market setiap hari. Bayangkan saja kalau sekali jajan kamu menghabiskan 10 ribu rupiah saja seharinya. Kamu bisa hemat hingga 300 ribu lho dalam sebulan hanya dengan mengurangi pos jajan saja.

4. Coba investasi jangan hanya menabung
Kalau kamu berencana membeli sesuatu yang besar seperti ingin membayar DP rumah. Menabung saja akan sulit mengejar kenaikan inflasi setiap tahunnya. Beranikan dirimu, sisihkan uang untuk berinvestasi. Keuntungan yang dijanjikan memang tinggi tapi risikonya juga tinggi. Kamu bisa pilih investasi dalam bentuk saham, emas, atau reksadana. Pilih sesuai profil risiko kamu ya.

5. Tambah penghasilanmu
Kalau gaji sulit kamu negosiasikan ulang dengan atasan, mengapa tak coba peluang sampingan? Kreatiflah dalam menggali potensimu yang lain untuk menambah penghasilan. Jadi guru privat, bantu-bantu di bengkel teman, atau nge-band di kawinan, kenapa tidak?

Memilih bekerja sampingan artinya kamu butuh tenaga ekstra. Karena waktu yang biasanya kamu gunakan untuk istirahat, kamu pakai untuk aktivitas tambahan. Jaga stamina kamu ya. Sertakan hemaviton Jreng dalam aktivitasmu. Suplemen berbentuk serbuk ini dapat menjagamu tetap berstamina saat bekerja keras. Rasanya juga segar dan nikmat.

Foto: Shutterstock