Atlet-atlet yang Tampil Memukau di Olimpiade Rio 2016

Friday, 26 August 2016

Olimpiade Rio yang baru saja selesai di akhir Agustus lalu masih menyisakan cerita yang patut diperbincangkan. Ketangguhan dan semangat sportivitas yang diusung oleh para atlet sayang untuk dilewatkan begitu saja. Simak saja cerita 5 atlet paling bersinar dari Rio berikut ini :

Usain Bolt
Sebagai pemegang rekor manusia tercepat di dunia, pelari legendaris kebanggaan Jamaika ini masih belum terkalahkan di usianya yang sudah memasuki 30 tahun. Sebelumnya, ia pernah memenangkan tiga cabang lari pria sejak Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 lalu, Usain Bolt pun mengakhiri prestasi gemilangnya dan pensiun dari kancah olimpiade dengan memborong tiga medali emas lagi di Brasil tahun ini.

Michael Phelps
Bicara olimpiade, apalagi cabang renang, kita tak bisa lupa pada nama besar perenang Amerika Serikat Michael Phelps. Atlet yang sudah berumur 31 tahun ini meraih perolehan medali yang luar biasa : 5 emas dan 1 perak di Olimpiade Rio. Artinya Phelps pun menambah rekornya sebagai pemborong medali olimpiade terbanyak sepanjang masa (28 medali, 23 di antaranya emas). Seperti layaknya Usain Bolt, tahun ini juga jadi tahun terakhir bagi Michael Phelps.

Kohei Uchimura
Walau sempat disorot karena kecanduannya pada Pokemon Go, Kohei Uchimura akhirnya mengganti pemberitaan itu dengan nama baik dan prestasi. Atlet asal Jepang ini mempertahankan julukannya sebagai raja cabang olahraga gimnastik setelah meraih medali emas dalam cabang senam all-around selama 2 tahun berturut-turut. Pencapaian tertinggi bidang senam artistic ini ia dapat setelah memperoleh nilai kumulatif tertinggi dalam pertandingan berurutan yang melombakan keenam cabang senam bentuk putera yang ada : senam lantai, palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, gelang-gelang, dan kuda-kuda lompat.

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir
Pasangan pebulu tangkis kebanggaan tanah air ini mengukir prestasi gemilang dengan merebut kembali emas di cabang ganda campuran. Kemenangan mereka memberi harapan buat Indonesia untuk kembali merajai dunia bulu tangkis, sejak emas terakhir yang diraih Hendra Setiawan dan Markis Kido pada Olimpiade Beijing 8 tahun lalu. Tak heran saat kembali ke Indonesia, banyak masyarakat yang tenggelam dalam euforia kemenangan dan mengarak duo yang kerap dipanggil Owi dan Butet ini. Meskipun usia Butet telah mencapai 31 tahun dan diperkirakan akan segera pensiun, namun ia berhasil menoreh prestasi gemilang yang tak terlupakan di olimpiade kali ini.