9 Tips Masak Sehat Ala Celebrity Chefs

Wednesday, 07 January 2015

Wanna be more healthy everyday? Bisa saja kok. Kuncinya ada di makanan yang kamu konsumsi setiap hari tuh. So, pastikan kamu setiap hari masak makanan yang sehat ya, karena makan di luar tidak bisa dijamin kesehatannya. Nah, mau tahu rahasia makan sehat? Intip cara masak sehat ala koki selebriti berikut ini yuk.

Menambahkan yogurt pada sup krim
Yogurt tanpa lemak adalah makanan sehat yang kaya akan kalsium. Ellie Krieger, host di acara Food Network's healthy Appetite mengatakan jika setiap 250 gram yogurt tanpa lemak mengandung 14 gram protein yang telah mencukupi kebutuhan protein harian. Namun pilihlah yogurt secara cermat dengan selalu membaca label nutrisi dalam kemasannya karena yogurt yang tidak terasa manis sekalipun memiliki kandungan gula yang berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

Gantikan butter dengan canola oil
Canola oil terbuat dari biji dari pohon canola yang tidak mengandung lemak jenuh. Kebaikan lemaknya bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Daging dengan potongan kecil
Belajarlah untuk mengonsumsi daging dengan potongan yang sangat kecil, karena dapat membantu mendapatkan badan sehatmu. Jangan makan terlalu banyak atau menghilangkannya sama sekali karena daging juga mengandung protein yang lengkap, zat besi, sumber vitamin B dan vitamin B12.

Tambahkan kedelai
Lee Anne Wong mengaku sering sekali menambahkan protein nabati berupa kedelai pada masakannya. Kedelai dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mengurangi kolesterol dalam tubuh.  So, coba tambahkan olahan kedelai seperti tempe atau tahu pada makanan sehari-hari ya.

Perbanyak buah
Dengan menambahkan banyak buah pada menu diet dapat mengurangi risiko menderita penyakit jantung lho. Sara Moulton, seorang executive chef di Gourmet Magazine's menyarankan untuk memperkaya masakan dengan buah yang kaya serat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu proses pencernaan. Banyak mengonsumsi buah juga akan berperan baik dalam mencegah diabetes karena gula pada buah tidak menaikkan kadar gula dalam darah.

Gunakan perasa alami
Saat memasak, pastikan kamu menggunakan perasa alami seperti daun peterseli, kayu manis, daun bawang dan rempah-rempah lainnya. Giada De Laurentiis setuju jika perasa alami lebih sehat dan aman dikonsumsi daripada perasa buatan yang mengandung pengawet, gula, dan lemak.  Terlalu banyak mengonsumsi gula akan memicu diabetes datang lebih dini. Jadi mengurangi perasa dari makanan akan membantu kamu terlepas dari intaian diabetes sekaligus hidup lebih sehat.

Masak ala makanan Asia
Makanan Asia identik dengan makanan yang rendah lemak namun tinggi sayur dan buah. Harold Dieterle, pemenang pertama di ajang bergengsi Top Chef mengatakan komposisi makanan Asia inilah yang bisa dijadikan patokan makanan sehat.

Gunakan kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah sumber makanan yang kaya akan lemak sehat dan serat.  So, tambahkan kacang-kacangan pada menu dessert atau cookies. Chef François Payard berpendapat kacang kenari bisa menjadi pilihan yang tepat karena kaya akan omega 3.

Kendalikan porsi
Menurut   Bethenny Frankel, mengontrol porsi makan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Makan terlalu banyak adalah sebuah larangan, tapi makan terlalu sedikit juga tidak dianjurkan. Oleh karena itu, makanlah dengan porsi yang pas dengan kebutuhan nutrisi tubuh.

Get more knowledge about healthy food, right? Lalu, tunggu apalagi yuk segera aplikasikan cara masak sehat ala chef selebriti di atas. Happy cooking! (hea/ay)

Sumber:
http://www.health.com/health/article/0,,20410539,00.html diakses pada 14 November 2014

 

Related Article

BEAUTY

Tips Mengoptimalkan Fungsi Kolagen untuk Kulit Wanita Agar Sehat dan Awet Muda

Kolagen adalah protein struktural utama dalam kulit yang memberikan kepadatan, kekenyalan, dan kelembutan....

SELENGKAPNYA