8 Aturan Penting Sebelum Rafting

Thursday, 03 December 2015

Bermain-main dengan arus air sungai yang deras bisa jadi menyenangkan dan memicu adrenalin. Tapi agar liarnya alam tidak membahayakanmu dan kamu bisa menikmati perjalanan pastikan kamu memahami 5 aturan dasar ini sebelum ikutan rafting.

Pemanasan. Mendayung terus menerus apalagi sambil mengendalikan arus bisa bikin lengan kamu pegal bahkan kram. Padahal kesigapan kamu untuk mendayung sangat penting untuk mengendalikan perahu dalam rafting. So pastikan kamu melakukan pemanasan sebelum melakukan rafting ya.

Pahami gerakan mendayung. Mengayuh dayung ke dalam membuat perahu bergerak maju, sementara mengayuh ke arah luar membuat perahu mundur. Kamu juga harus kompak dengan rekan di perahu saat mengayuh terutama saat ingin melakukan manuver berbelok arah.

Jangan malas memakai helm dan pelampung. Helm untuk melindungi kepalamu dari benturan bebatuan sungai, dan pelampung tentu saja untuk membantumu tetap terapung kalau terlempar ke sungai.

Jangan panik. Kalau perahumu terbalik, jangan panik. Tetaplah berusaha mengapung dengan posisi seperti rebahan di atas air. Ikuti arus dan arahkan kaki ke depan untuk menahan tubuh kamu ketika ada batu.

Pakaian yang bersahabat dengan air. Bahan sintetis dianjurkan agar kamu tidak kedinginan seperti memakai katun. Pilih juga sepatu yang ringan namun mengikat dan melindungi kaki. Sepatu berbahan karet misalnya. Kalau memakai sandal, jangan sandal jepit ya karena mudah terlepas. Pilih sandal gunung.

Tinggalkan barang berharga. Perhiasan, dompet, tinggalkan saja di darat. Toh untuk apa juga dibawa-bawa. Memangnya kamu akan belanja di sungai? Kamera dan ponsel boleh saja dibawa untuk mengabadikan petualangan kamu. Tapi pastikan waterproof ya.

Gunakan sunblock. Meski basah-basahan di air terkesan menyejukkan, di atas sana matahari tetap bersinar terik. Lindungi kulit dari bahaya terbakar matahari dengan mengoleskan sunblock.

Siapkan daya tahan tubuh. Bertualang di alam bebas memerlukan daya tahan tubuh yang kuat. Kelelahan dan berbasah ria selama berjam-jam bisa bikin kamu sakit kalau kondisi tubuhmu tidak prima. Konsumsi hemaviton C1000, Vitamin C 1000mg yang juga berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin B3, B6, dan B12-nya juga membantu menjaga kondisi tubuh dari kelelahan sehingga tidak mudah sakit.

Foto: Shutterstock