7 Sifat Ini Bisa Membantu Kamu Menambah Koneksi

Friday, 05 January 2018

Apa yang dibutuhkan seseorang untuk memperluas pergaulan atau koneksi? Untuk menjadi seseorang yang punya pergaulan luas, kamu harus menjadi pribadi yang menyenangkan dan ramah. Orang yang menyenangkan selalu memiliki daya tarik tersendiri di mata orang lain Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu kamu memperluas lingkaran sosial kamu untuk menambah banyak teman dan koneksi :

Sifat #1 Murah Senyum

Bagaimana perasaan kamu jika melihat orang yang terlihat galak atau cemberut? Pastinya kamu akan merasa segan untuk menyapa kan? Nah, sama halnya jika kamu menjadi pribadi yang kaku, maka orang lain akan merasa segan. Karenanya, mulailah menjadi pribadi yang murah senyum, saat kamu memiliki sifat atau kepribadian tersebut, akan memberikan rasa positif dan nyaman bagi orang di sekitar kamu.

Sifat #2 Memperlihatkan Sikap Sopan

Selalu bersikap sopan dan baik terhadap orang lain membuat kita menjadi menarik dan menyenangkan bagi orang lain. Bila bertemu dengan siapapun hendaknya kita memperlihatkan sikap hangat dan ramah. Tegur sapa dengan manis dan hangat, ekspresi wajah bersahabat dan bahasa tubuh yang tulus, adalah modal awal untuk memiliki banyak koneksi.

Sifat #3 Membina Ikatan Sosial yang Sudah Ada

Setumpuk pekerjaan dan padatnya rutinitas kehidupan, membuat kamu kehilangan kontak dengan orang-orang yang sudah kamu kenal. Karena saking sibuknya, mungkin jadi tidak tahu kabar hingga bahkan lupa dengan persahabatan yang terjalin hingga terasa asing. Padahal sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan teman-teman, kenalan, dan rekan-rekan kamu daripada menyesal di kemudian hari.

Sifat #4 Memanfaatkan Teknologi

Era digital seperti sekarang ini, seharusnya memudahkan kita menjalin persahabatan. Kamu dapat dengan mudah tetap berhubungan dengan teman kamu melalui Whatsapp, Line, dan media sosial. Selain itu ada banyak aplikasi yang cocok digunakan untuk saling bertukar kabar walau kamu berjauhan dengan temanmu, seperti Skype atau Google Allo. Manfaatkan teknologi ini untuk mempertahankan jaringan sosial serta memperluas pergaulan dengan teman-teman baru.

Sifat #5 Hindari Mengkritik

Sebaiknya hindari sifat suka mengkritik terhadap orang di sekitar kamu, apalagi tanpa memberi solusi atau memberi penilaian tanpa diminta. Daripada mengkritik lebih baik tunjukkan sudut pandang bijaksana dan dengan cara yang baik juga sopan.

Sifat #6 Pendengar yang Baik

Biasakan mencoba menjadi pribadi yang mampu melihat suatu permasalahan orang lain dengan sudut pandang positif tanpa menghakimi. Jika persepsi kamu bertentangan, belajarlah tetap menghormati dan tidak perlu memaksa orang tersebut mengikuti pemikiran kamu. Bersikap penuh perhatian berarti mengosongkan diri dari pemikiran-pemikiran diri kita sendiri secara subyektif (mampu melihat dari kaca mata orang lain), dan membuka wawasan dan pikiran untuk mau melihat segala hal di luar diri kita.

Sifat #7 Berpikiran Positif

Biasakan jangan membawa segala situasi atau permasalahan ke arah pemikiran yang negatif. Buat asumsi yang baik agar suasana hati jadi menyenangkan atau tidak mudah terbawa stres. Dengan begitu orang-orang di sekitar kamu akan merasa nyaman berinteraksi dengan kamu karena kemampuanmu menciptakan suasana yang santai dan positif.

Semoga 7 tips diatas dapat membantu dalam memperluas lingkaran sosial kamu nantinya. Selamat mencoba!