6 Hal Tentang Asian Games 2018 yang Perlu Kamu Tahu

Tuesday, 14 August 2018

Perhelatan akbar Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan dalam beberapa hari kedepan, baik yang bertempat di Jakarta maupun Palembang sukses membuat banyak orang khususnya masyarakat Indonesia merasa tidak sabar untuk ikut merayakan dan menyaksikan berbagai perlombaan di dalamnya. Nah, kalau kamu adalah salah satu di antara orang tersebut, yuk simak beberapa hal tentang Asian Games 2018 yang perlu kamu ketahui agar makin seru!

Venue Asian Games 2018

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah bahwa tidak semua cabang olahraga dilangsungkan di satu kota saja, karena pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 60 venue dan 14 non-venue untuk Asian Games 2018 yang tersebar di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat. Beberapa tempat terpilih di Jakarta di antaranya adalah Gelora Bung Karno Jakarta, Padepokan Silat TMII, JIEXPO Kemayoran, Jakarta Convention Center, Pantai Impian Jaya Ancol, Monumen Nasional, Pantai Muara Kapuk, dan 10 gelanggang olahraga (GOR) yang ada di Jakarta.

Sedangkan venue yang ada di kawasan Jawa Barat sendiri di antaranya adalah Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi, dan Stadion Jalak Harupat Soreang di Bandung untuk perlombaan cabang olahraga sepak bola, Depok, Gunung Mas Agro Tourism, hingga Majalengka. Untuk di Palembang sendiri, pemerintah membangun venue shooting range, rowing center atau cabang olahraga mendayung, Stadion Jakabaring, skateboarding, rollerblade, dan juga wall climbing.

Cara membeli tiket

Untuk bisa menikmati semua cabang olahraga dalam Asian Games 2018, kamu diharuskan membeli tiket yang dijual mulai dari Rp50.000 sesuai dengan cabang olahraga yang diinginkan. Sedangkan untuk mengetahui tata cara pembelian tiket dan informasi lebih lanjutnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Asian Games 2018 di www.asiangames2018.id. Kamu juga bisa lho membeli tiket untuk menikmati opening dan closing ceremony Asian Games 2018 mulai dari sekarang.

Cabang olahraga baru dalam Asian Games 2018

Untuk Asian Games 2018, ada 40 cabang olahraga yang dilombakan dan 10 di antaranya merupakan cabang olahraga baru, lho. Beberapa cabang olahraga baru tersebut adalah rollersport, bridge, basket 3x3, jet ski, pencak silat, jiu jitsu, sambo, kurash, paralayang, dan olahraga panjat tebing.

Theme song

Seperti ajang piala dunia atau event olahraga besar pada umumnya, Asian Games 2018 juga memiliki  theme song resmi berjudul Meraih Bintang yang dinyanyikan oleh Via Vallen. Theme song ini juga pastinya akan dinyanyikan langsung saat opening ceremony pada 18 Agustus 2018 mendatang. Pastikan kalau kamu sudah menghapalkannya terlebih dahulu ya sebelum menyaksikan Asian Games 2018.

Maskot Asian Games 2018

Mengangkat tagline Energy of Asia, Asian Games 2018 memiliki tiga buah maskot bernama Bhin Bhin, Atung, dan Kaka yang akan turut meramaikan suasana. Ketiga maskot ini melambangkan nilai keberagaman dan kesatuan bangsa dan juga merepresentasikan energi yang berbeda di Asian Games 2018.

Karakter Bhin Bhin merepresentasikan strategi dan terinspirasi dari burung cenderawasih yang berasal dari Papua. Maskot kedua adalah Atung  yang terinspirasi dari rusa Bawean yang hanya bisa ditemukan di Bawean, Jawa Timur. Karakter ini merepresentasikan kecepatan. Lalu ada Kaka yang merepresentasikan kekuatan dan terinspirasi dari badak bercula satu yang termasuk sebagai salah satu hewan langka dan hanya dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Peluang bisnis saat Asian Games 2018

Melihat antusiasme masyarakat yang begitu besar dengan adanya Asian Games 2018 ini, kamu juga bisa lho memanfaatkannya dengan membuat bisnis kecil-kecilan selama perlombaan berlangsung. Misalnya saja dengan bisnis kaos atribut bergambar karakter buatanmu yang sesuai tema olah raga, gantungan kunci, stiker, jasa titip (jastip) tiket, atau pernak-pernik lainnya. Menarik, kan?

Agar makin fit saat nonton Asian Games 2018 dan menjalankan usahamu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi hemaviton Jreng, minuman suplemen bervitamin dalam bentuk serbuk yang menyegarkan dan juga bisa membantu menjaga stamina kita di setiap kesempatan. Tersedia dalam 3 varian rasa, yaitu Original Mix Fruit Plus Madu, Anggur, dan Anggur Pasak Bumi, hemaviton Jreng bisa kamu nikmati kapan pun dan di manapun kamu berada. Kalau sudah begini, kamu jadi makin siap deh nonton Asian Games 2018!