5 Cara Menjaga Stamina Saat Naik Gunung di Musim Hujan

Thursday, 24 October 2019

Meski menyenangkan, mendaki gunung adalah salah satu kegiatan menantang dan tergolong berat. Pasalnya, tak hanya medannya yang terjal seiring dengan bertambahnya ketinggian, beban dan perbekalan yang kita bawa juga cukup menyita tenaga. Oleh karena itu, butuh stamina yang cukup untuk bisa menyelesaikan rangkaian kegiatannya, mulai dari pendakian hingga kembali ke rumah, terutama di musim hujan seperti sekarang ini.

Tak perlu khawatir, tetap semangat dan fit sepanjang hari saat melakukan pendakian gunung bukanlah hal yang sulit, selama kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara menjaga stamina saat naik gunung berikut ini.

Lakukan Gerakan Olahraga yang Sederhana

Udara di atas gunung (puncak) tentunya akan terasa lebih dingin jika dibandingkan dengan tempat tinggalmu, untuk itu tubuh perlu menyesuaikan diri dengan baik agar tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Cara menjaga stamina saat berada di tempat bersuhu dingin seperti ini adalah dengan banyak bergerak, misalnya melakukan gerakan olahraga sederhana seperti push up, sit up, atau squat sebelum dan sesudah bangun tidur di pagi hari. Kamu juga bisa memanfaatkan tanah lapang di sekitar tempat mendirikan tenda sebagai lintasan jogging. Aktivitas inilah yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga bisa menyelesaikan pendakian dengan lancar dan menghindari hipotermia.

Perbanyak Asupan Karbohidrat dan Protein

Hal selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat dan protein dalam tubuh sebagai sumber energi saat mendaki gunung. Karbohidrat ini bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, atau pasta yang kamu bawa sebagai bahan makanan saat di gunung. Sedangkan protein bisa kamu peroleh dari makanan seperti telur, daging sapi atau ayam, dan camilan seperti kacang.

Cukupi Kebutuhan Air Minum

Saat mendaki gunung tentu kita akan mengeluarkan banyak keringat, oleh karena itu pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan air minum agar terhindar dari dehidrasi, salah satu cara menjaga stamina dengan mudah. Kamu bisa membawa perbekalan air minum dari rumah atau bisa juga dengan memanfaatkan sumber air yang bisa dengan mudah kamu temui saat melakukan pendakian. Tenang, air dari sumber mata air ini biasanya bersih dan sangat sejuk, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Tidak Tidur Terlalu Malam

Menghabiskan waktu luang saat malam hari di puncak gunung sambil menikmati hangatnya api unggun tentu menyenangkan, namun jangan sampai lupa waktu dan mengganggu waktu istirahatmu, pasalnya masih ada perjalanan pulang yang harus kamu tempuh keesokan harinya. Ingatlah selalu bahwa memiliki waktu istirahat yang cukup mampu membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan konsentrasi seseorang, lho.

Minum Vitamin dan Suplemen Tambahan

Selain bahan masakan, perbekalan yang harus kamu bawa selama pendakian gunung adalah vitamin dan suplemen tambahan sebagai penambah stamina dan tenaga, seperti hemaviton Action secara rutin setiap harinya, terutama sebelum beraktivitas. Kombinasi Ginseng Extract, Creatine, Multivitamin dan Mineral penting di dalamnya dipercaya mampu membantu meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan energi  dan menjaga daya tahan tubuh, sehingga kita bisa tetap fit sepanjang hari.