5 Tips Sukses Menjadi Presenter

Thursday, 20 November 2014

Sepertinya bisa eksis di layar kaca sebagai presenter itu sangat mudah. Hanya tinggal mengoceh sesuai skrip atau arahan director, dan akhirnya bisa terkenal. Benarkah semudah itu? Kamu salah.

Presenter mempunyai tugas untuk memandu acara dengan baik, lancar dan juga hidup. Tanpa adanya skill dalam hal broadcasting, seseorang tidak akan bisa membawakan acara dengan baik dan berkesan bagi audience-nya. Yang ada acara tersebut akan terlihat membosankan.

Jadi kalau kamu ingin sukses dalam hal broadcasting atau presenter, 5 tips ini akan sangat membantumu.

Percaya Diri
Tidak banyak orang mampu dan mau berbicara panjang lebar di depan semua orang. Sekalipun hanya di layar televisi, tapi acara tersebut bisa saja di tonton oleh masyarakat satu negara. Kunci untuk menjadi presenter yang sukses adalah memiliki kepercayaan diri untuk bisa memandu sebuah acara.

Berwawasan Luas
Seorang presenter dituntut untuk bisa menghidupkan suasana. Dengan memiliki wawasan yang luas, pembicaraan tidak akan berjalan satu arah saja. Selain itu, presenter juga biasanya adalah penyalur informasi kepada audience. Maka rajinlah membaca untuk menambah wawasan dan mengikuti perkembangan trend.

Asah Kemampuan
Semua orang bisa berbicara, tapi sedikit yang bisa berbicara lancar di depan banyak orang. Kamu yang mempunyai cita-cita sebagai presenter wajib mengasah kemampuan berbicara sebelum naik ke panggung atau berhadapan dengan kamera. Jangan sampai kamu terlihat gagap dan tidak menguasai materi.

Punya Style Unik
Menjadi berbeda akan menimbulkan kesan tersendiri di ingatan audience. Carilah keunikan dalam dirimu yang bisa membantumu ‘menjual’ dirimu pada audience. Audience akan selalu mengingat keunikan yang kami miliki.
 
Selalu Belajar Dari Pengalaman
Salah satu pepatah lama mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling berharga. Berusahalah untuk memperbaiki setiap kekurangan berdasarkan pengalaman yang telah kamu alami. Banyaknya pengalaman yang kamu miliki, akan membuat kemampuanmu semakin terasah.

Semoga membantu!