5 Tips Bikin Personal Branding di Sosial Media

Thursday, 01 December 2016

Untuk seorang pekerja lepas, citra diri dan imej saat memasarkan diri yang biasa disebut personal branding adalah modal utama untuk mencari pekerjaan. Personal branding bisa diibaratkan sebagai merk pribadi kita. Jika kita punya personal branding yang baik, calon klien pun akan makin mudah dalam menemukan, mengontak, sampai mengingat siapa kita. Di era yang semuanya serba digital, personal branding berhubungan erat dengan cara kamu mengekspresikan diri di sosial media maupun pada situs-situs yang memungkinkan kamu memamerkan portfolio. Agar makin cermat dalam menggunakan media sosial, coba aplikasikan langkah-langkah berikut ini yuk!

Foto profil yang seragam
Foto yang konsisten di semua media sosial bisa memudahkan orang lain untuk mengenalimu. Untuk amannya, pasanglah foto wajah close up dengan penampilan terbaru kamu, terutama pada LinkedIn yang ditujukan untuk kalangan profesional. Terapkan foto yang sama di seluruh media sosialmu supaya bisa dikenali sebagai satu kesatuan personal branding kamu. Jika ada yang sedang mencari namamu di internet, mereka pun takkan bingung dan bisa langsung membuka tautan yang terkait.

Nama harus unik serta konsisten
Buatlah username yang orisinal dan jaga agar selalu konsisten di seluruh akun online kamu. Ini akan jadi “alamat rumah” buat segala bentuk personal branding kamu. Ingat juga kalau nama-nama yang aneh bisa jadi nggak akan bertahan lama, jadi kamu harus berpikir panjang dalam memilih username. Kamu nggak mau kan harus terus gonta-ganti username setiap bikin akun media sosial? Langkah penting setelah memilih username yaitu kamu mesti segera sign up ke semua media sosial, agar jatah username kamu tidak jatuh ke tangan orang lain! Terlepas dari nantinya akun tersebut akan dikelola atau tidak, lebih baik kamu sign up dulu sebelum terlambat.

Gaya visual yang menarik
Dari mata turun ke hati, ini berlaku juga sama personal branding. Seperti gaya fashion yang bisa memberitahu kita bagaimana kepribadian seseorang, gaya visual dalam sosial media juga penting untuk ditata sesuai citra diri kita. Misalnya kamu arsitek yang suka fotografi, jangan ragu tunjukkan elemen arsitektur dan skill fotografi kamu dalam media sosial. Atau mungkin kamu seorang developer yang suka komik, pesanlah logo pribadi bergambar dirimu sedang mengerjakan coding dalam gaya kartun atau manga. Buatlah satu benang merah yang konsisten agar media sosial kamu terlihat menarik. Coba kulik lagi seperti apa gaya yang ingin kamu tampilkan dalam personal branding kamu. Kamu bisa juga mencontoh para selebgram kekinian atau Youtuber yang sedang ngehits saat ini.

Gaya komunikasi yang memorable
Temukan ciri khas yang membuat orang bisa dengan mudah mengingatmu. Dan tampilkanlah ciri khas ini dalam setiap wujud branding kamu. Kamu bisa mengadakan survey kecil-kecilan terhadap orang terdekat hingga mereka yang baru dikenal, kira-kira karakter apa sih yang terbayang di benak mereka saat mengingat dirimu. Perhatikan semua komentar jujur yang masuk. Jika mereka mengingatmu dengan ciri fisik, kamu bisa mengikuti jejak seorang Bena Kribo yang dulu dikenal dengan meminjam ciri rambutnya. Kalau cirimu ada di sifat, kamu bisa jadi kayak Raditya Dika yang memanfaatkan sifat culun sebagai ciri khas yang bikin banyak orang terpingkal-pingkal. Selain itu, hobi kamu juga bisa menjadi ciri khas. Pewdiepie sang Youtuber dengan subscriber terbanyak di dunia, bisa memanfaatkan hobi bermain game jadi ciri khas bahkan sumber pendapatan utamanya.

Pamerkan karya kamu
Pamerkan hasil karya terbaikmu di wadah yang terkait. Untuk fotografi kamu bisa mengunggahnya ke 500px, Behance, Instagram, dan Flickr. Untuk karya tulisan kamu bisa coba publikasikan di blog pribadi maupun berbagai situs media warga (citizen journalism) seperti Kompasiana, JadiBerita.com, serta media sosial berbasis creative writing seperti Wattpad dan Steller. Untuk karya musik, jangan lupa rajin mengunggah ke Soundcloud. Untuk yang sering membuat video, unggah juga ke Snapchat, Instagram Stories, dan yang paling utama Youtube yang bisa memberimu kompensasi uang setiap 1000 views.