5 Takjil Paling Favorit di Bulan Ramadan

Friday, 17 June 2016

Sudah jadi tradisi bahwa kebanyakan orang akan memilih makanan berbuka yang manis. Pilihannya bisa apa saja, mulai dari teh hangat manis, es sirup, atau buah kurma sekalipun. Namun makanan dan minuman tradisional juga menjadi takjil yang banyak digemari. Selain rasanya yang lezat, selama bulan Ramadan menu-menu ini juga mudah dijumpai karena banyak penjual yang menjajakannya di pinggir jalan. Apa saja ya?

Es Cendol
Cendol dari tepung beras yang kenyal, dicampur kuah santan dan gula merah, lalu dinikmati dingin bersama es. Wah, membayangkannya saja sudah membangkitkan selera. Cendol memang memiliki rasa yang manis dan lezat. Di luar bulan Ramadan saja, minuman ini banyak dicari orang untuk melepas dahaga. Apalagi untuk menu berbuka ya? Pasti enak banget.

Kolak Pisang
Irisan pisang dengan kuah santan menghasilkan rasa yang sederhana tapi pasti bikin kangen. Enaknya lagi, kolak pisang termasuk makanan yang bisa dinikmati dalam kondisi hangat ataupun dingin. Jadi nggak sabar nunggu Azan Magrib ya!

Biji Salak
Takjil yang satu ini paling pas dinikmati dalam kondisi hangat. ‘Biji salak’ yang dimaksud sebenarnya terbuat dari ubi yang dihancurkan lalu dicampur dengan tepung sagu dan dibentuk menjadi bulatan. Rebus adonan yang sudah dibulatkan hingga matang lalu sajikan bersama kuah gula merah dan santan. Ada juga yang menikmatinya bersama bubur sumsum.  Hmm, sedap banget rasanya.

Es Blewah
Ingin yang segar-segar untuk berbuka? Kenapa nggak mencoba segarnya es blewah. Buah yang cukup pouler di bulan Ramadan ini bisa dicampur dengan sirup melon atau rasa favoritmu yang lain. Untuk variasi, kamu bisa tambahkan  nata de coco, kolang-kaling, atau biji selasih. Rasanya segar, bikin energimu cepat balik lagi.

Es Kelapa
Wah kalau yang satu ini benar-benar mudah kamu temukan dimana saja. Daging buah kelapa muda yang lembut beserta airnya yang segar, sangat lazim dijajakan selama bulan Ramadan. Biasanya ditambahkan sedikit gula agar terasa lebih manis. Beberapa orang juga ada yang mencampurkannya dengan sirup jeruk. Kalau kamu lebih suka yang mana?

Berbuka dengan takjil yang manis konon juga bisa memulihkan energi tubuh kita lebih cepat. Tetapi kalau setiap hari non-stop makan dan minum yang manis, lama-lama kadar gula darahmu bisa naik. Bahaya banget tuh apalagi untuk orang yang memang memiliki risiko penyakit diabetes. Biar puasamu lancar dan tetap bisa berbuka dengan takjil yang manis, minum hemaviton GluCare setiap hari. Kandungan chromium nicotinate yang terdapat didalamnya dapat membantu mengoptimalkan penyerapan gula oleh jaringan tubuh untuk diubah menjadi energi sehingga membantu menjaga kadar dula dalam darah. Selain itu hemaviton GluCare juga dilengkapi dengan Lutein untuk menjaga kesehatan mata serta Vitamin E, B1, B6 dan B12 untuk membantu menjaga kesehatan syaraf.  Selamat berpuasa!