5 Salad Khas Indonesia

Monday, 23 May 2016

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari pentingnya mengonsumsi makanan sehat. Buah dan sayur adalah salah satu menu wajib bagi orang yang ingin hidup lebih sehat, bahkan banyak selebriti ternama yang memilih gaya hidup sebagai vegetarian. Untuk menikmatinya, buah dan sayur bisa diolah dengan berbagai cara, misalnya dimasak atau dibuat minuman. Menikmati buah dan sayur dengan saus dressing juga menjadi cara makan yang populer. Menu ini lebih dikenal sebagai salad. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa menu serupa dengan salad dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut ini adalah lima salad khas Indonesia yang sehat dan nggak kalah lezat!

Asinan
Asinan terdiri dari irisan buah atau sayur yang disiram dengan kuah asam pedas dari cuka. Jenis asinan yang terkenal adalah asinan betawi dan asinan bogor. Meski serupa, namun kedua asinan ini tidak sama. Asinan betawi berisi sayuran seperti selada, kol, tauge, dan wortel yang diiris tipis-tipis dan disiram kuah cuka. Biasanya dihidangkan dengan pelengkap seperti tahu, kerupuk, dan kacang tanah. Sedangkan asinan bogor terdiri dari buah-buahan diantaranya mangga dan kedondong. Wah, segar sekali ya!

Gado-gado
Makanan khas Jakarta yang satu ini terdiri dari berbagai macam sayuran seperti tauge, kacang panjang, kentang, timun, dan labu. Sayur-sayuran ini dimakan dalam kondisi mentah, kecuali kentang. Sementara sayuran yang lain umumnya hanya direndam air panas. Untuk menikmatinya, gado-gado biasa dilengkapi telur, tempe, dan tahu rebus kemudian disiram dengan bumbu kacang. Gado-gado bisa dijadikan menu makanan utama, sehingga umumnya dimakan bersama nasi atau lontong.

Urap
Urap terdiri dari sayur-sayuran rebus seperti bayam, tauge, kacang panjang, jantung pisang, atau sayuran lain sesuai selera. Bumbunya terbuat dari parutan kelapa muda yang dagingnya agak keras, dicampurkan dengan cabai merah uleg, garam. Gula jawa, bawang putih, kencur, dan daun jeruk. Rasa bumbu urap yang gurih dan pedas terasa sangat nikmat.

Selat Solo
Makanan yang berasal dari solo ini terdiri dari beragam sayuran rebus seperti wortel, buncis, daun selada, timun, kentang, tomat, dan kentang goreng. Bumbunya adalah kuah berwarna kecokelatan yang manis serupa dengan kuah semur. Seringkali selat solo dilengkapi dengan irisan daging dan tak ketinggalan mayonaise homemade yang terbuat dari kuning telur.

Rujak
Kamu pasti sudah tidak asing dengan rujak. Berbagai buah segar seperti jambu, kedondong, nanas, mangga, pepaya dinikmati dengan bumbu cokelat kental. Bumbu ini terdiri dari cabai uleg dan gula merah yang ditambahkan sedikit air hingga teksturnya kental. Bagi kamu yang tidak suka pedas, penjual rujak biasanya menyediakan alternatif berupa garam campur cabai yang tidak terlalu pedas.