5 Restoran Padang Legendaris di Jakarta

Monday, 23 May 2016

Kuliner nusantara memang sangat kaya. Beragam jenis makanan dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasannya masing-masing. Namun sudah bukan rahasia lagi bahwa masakan dari ranah Minang merupakan kuliner nusantara yang paling populer. Hal ini terbukti dari banyaknya restoran Padang yang bisa kamu temui di mana saja. Bahkan pada tahun 2011, rendang yang merupakan salah satu makanan khas Padang, dinobatkan CNN sebagai  makanan paling lezat no. 1 di dunia. Seperti dilansir dari portal khusus travelnya, CNN menyebutkan gelar ini diperoleh dari perhitungan 35.000 hasil angket. Kamu juga pasti sering menyantap berbagai makanan khas Sumatera Barat kan? Kali ini, kami akan memberikan daftar lima restoran padang legendaris di Jakarta yang wajib kamu coba.

1.Restoran Garuda
Dari luarnya saja, Restoran Garuda biasanya sudah terlihat mencolok dengan atap dekoratif lancip sebagai layaknya rumah tradisional Padang. Begitu masuk ke dalamnya, beragam menu khas Minang dan Melayu siap untuk kamu pilih. Variannya tak jauh berbeda dengan masakan Padang pada umumnya, keistimewaan masakan dari restoran ini adalah rasa rempah yang tajam dan berani. Jangan lewatkan aneka menu gulai yang benar-benar menonjolkan kelezatan masakan khas Minang. Di Jakarta, Restoran Garuda memiliki beberapa cabang diantaranya di daerah Kelapa Gading, Pluit, dan Pondok Indah.

2.Restoran Sederhana
Kamu pasti sudah familiar sekali ya dengan restoran Padang yang satu ini. Bisa dibilang Restoran Sederhana adalah salah satu restoran padang dengan cabang terbanyak. Bukan hanya di Jakarta, tetapi juga di berebagai kota lain di Indonesia. Menunya lengkap dan lezat, dengan rasa pedas yang tidak berlebihan sehingga orang-orang yang tidak suka makanan pedas pun masih bisa menyantapnya.

3.Nasi Kapau Kawasan Senen
Bicara soal makanan Padang di Jakarta, kawasan Pasar Senen adalah pusatnya. Sejak tahun 1970-an, Jalan Kramat Raya, Senen, memang telah dipenuhi oleh banyak pedagang nasi kapau. Meski dijajakan di tenda kaki lima, menu yang ditawarkan sangat variatif, bahkan ada beberapa menu yang jarang ditemui di restoran padang lain seperti bebek cabai hijau, lemang bakar, dan bubur kampiun.

4.Soto Padang Mangkuto
Restoran yang satu ini memang tidak menjual aneka lauk pauk dengan bumbu khas Minang. Namun restoran ini menawarkan menu soto padang yang sangat lezat. Porsi semangkuknya memang terlihat kecil tetapi mengenyangkan dengan potongan daging sapi yang digoreng renyah. Setelah makan, coba juga kue bugis yang berisi parutan kelapa sebagai penutup.

5.Sate Padang Ajo Ramon
Siapa yang tak suka sate padang? Irisan daging sapi dibakar lalu diberi kuah kental dan gurih dari campuran tepung beras serta kacang tanah. Ada pula yang lebih suka menikmati bagian lidah sapi atau jeroannya. Ajo Ramon yang terletak di kawasan Pasar Santa merupakan salah satu penjual sate padang terlezat di Jakarta. Kuah kentalnya pas, dagingnya empuk dan besar-besar. Kamu pasti suka!

Setelah menyantap makanan padang yang lezat, jangan lupa untuk menjaga kadar kolesterolmu tetap stabil. Minum hemaviton Cardio dengan kadungan phystoterol yang memblokir masuknya kolesterol melalui makanan ke salam darah. Sementara vitamin dan mineral antioksidannya dapat menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan risiko penyakit jantung.