5 Profesi Keren dari Industri Film

Wednesday, 07 June 2017

Kamu punya jiwa kreatif dan bermimpi kerja di industri film? Ya, terlibat dalam pembuatan film memang pekerjaan yang menarik. Apalagi jika kamu memang punya hobi Nonton Film, pasti terbersit deh keinginan untuk menyalurkan ide-idemu dan mengemasnya menjadi tayangan yang menarik. Namun selain, aktor dan aktris yang menjadi ‘bintang’ dalam sebuah film, ternyata masih banyak profesi di balik layar yang nggak kalah keren. Nah, mana yang paling cocok denganmu?

Sutradara
Dalam sebuah tim produksi film, bisa dibilang sutradara adalah ‘bos’-nya. Sebab, sang sutradalah yang menginterpretasikan keseluruhan naskah film dan mengarahkannya menjadi visual yang dapat dinikmati oleh penonton. Itu sebabnya sutradara harus bisa mengarahkan para aktor dan aktris, bahkan juga memilih soundtrack, dan konsep wardobe. Sutrada dara akan memperhatikan setiap detail sehingga sebuah film bisa terasa hidup.

Penulis naskah
Penulis naskah adalah mereka yang bertugas menggambarkan setiap latar suasana, eskpresi, dan tentu saja kalimat dialog yang diucapkan para aktor. Naskah yang mereka tulis menjadi panduan bagi aktor dan aktris yang terlibat. Bahkan, sekalipun naskah tersebut diambil dari cerita yang sudah ada sebelumnya (misalnya diangkat dari novel atau dongeng), penulis naskahlah yang bertugas ‘menyaring’ dan ‘mengemasnya’ sehingga cerita film bisa tersaji dengan pas. Tidak terlalu panjang, tidak memuat adegan yang bertele-tele, dan bisa saja memberi sentuhan pada cerita aslinya. Jika kamu merasa sering mendapatkan quotation keren dari film, itu tandanya sang penulis naskahlah yang pandai merangkai kata.

Penata suara
Dalam sebuah film, penataan suara sangat penting. Ini bukan saja soal dialog yang diucapkan oleh para pemain film tetapi juga lagu soundtrack dan suara latar lainnya seperti bunyi langkah kaki, pintu mobil yang ditutup, keramaian jalan raya, suara kaki yang berlari, serta setiap detail suara lainnya yang mungkin tidak kamu sadari tetapi penting. Saat proses pengambilan gambar, suara yang direkam terfokus pada dialog para aktor, sedangkan suara latar belum tentu terekam dengan jelas. Padahal suara latar bisa membantu menghidupkan suasana dalam film sehingga menjadi lebih nyata. Suara-suara latar ini kemudian kerap direkam ulang di studio ataupun di lokasi tertentu untuk memperoleh suara yang sesuai. Setelah itu dimixing hingga menjadi kesatuan dalam tiap-tiap adegan film.

Video Editor
Durasi sebuah film sangat bervariasi. Film pendek biasanya berdurasi sekitar 10 – 30 menit, sedangkan film standar berdurasi sekitar 60 – 120 menit. Namun, pada proses pengambilan gambar, seringkali adegan yang diambil lebih lama dari durasi yang seharusnya. Belum lagi ada dialog-dialog yang salah diucapkan oleh para aktor. Agar setiap adegan menjadi sesuatu yang padu dan bercerita, maka perlu ada video editor yang ‘menjahit’ setiap adegan, membuang gambar-gambar yang tidak perlu, serta memberi sentuhan artistik ke dalamnya.

Penata Kostum
Kalau yang satu ini pasti kebayang kan seperti apa job desc-nya? Setiap tokoh dalam film pasti memiliki karakter yang berbeda dan setiap tokoh membutuhkan kostum yang bisa mendukung perannya tersebut. Tokoh gadis kaya yang masih kuliah dan menyukai fotografi tentu berbeda dengan dengan tokoh gadis dari kelas menengah yang menerima beasiswa dan punya hobi baca komik. Tugas penata kostum ialah memilihkan pakaian, aksesori, dan propertia lain yang menunjang masing-masing tokoh sesuai dengan naskah dan arahan sutradara. Dalam bahasa yang lebih sederhana, merekalah yang bisa membuatmu merasakan perbedaan karakter antara tokoh Cinta, Milly, Karmen, dan Maura dalam film Ada Apa dengan Cinta. Seru ya, cocok untuk kamu yang menyukai fashion.

Bekerja di industri film memang super seru, tetapi juga melelahkan. Harus ikut shooting di luar kota hingga berhari-hari dan bergadang hingga pagi. Oleh sebab itu kamu bukan cuma harus punya skill, tetapi juga stamina yang bagus. Minum saja hemaviton Stamina Plus untuk memulihkan stamina dan memelihara konsentrasimu. Mengandung Ginseng Extract, Guaranine, dan L-Glutamic Acid serta vitamin dan mineral esensial. Bikin kamu nggak gampang capek dan tetap fokus meskipun harus bekerja keras.