5 Pertimbangan Sebelum Pergi Merantau. Kamu Siap

Thursday, 20 December 2018

Menjalani kehidupan di tanah rantau memang bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu sudah terbiasa beraktivitas di kampung halaman sendiri. Belum lagi kenyataan bahwa kamu harus berpisah dengan keluarga dan segala macam kuliner yang pastinya akan sangat dirindukan. Maka dari itu, simak beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan matang-matang sebelum memutuskan untuk pergi merantau berikut ini.

Perhatikan kesehatan

Kalau dulu ada orang tua atau anggota keluarga yang akan memperhatikanmu, lain halnya saat merantau, karena kamu akan melakukan semuanya sendiri, termasuk dalam menjaga kesehatan. Tak ada lagi yang secara langsung mengingatkan untuk makan, olahraga, dan istirahat dengan teratur. Di sini kamu dituntut untuk bisa mengatur kehidupanmu sendiri, maka dari itu hal utama yang harus kamu pertimbangkan pertama kali adalah dalam menjaga kesehatan. Namun tenang, semua bisa dilalui asalkan rajin olahraga, mengonsumsi makanan bernutrisi, dan juga dukungan suplemen tambahan seperti minum multivitamin seperti hemaviton Jreng yang akan membantu menjaga staminamu setiap hari. Tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu Original Mix Fruit Plus Madu, Anggur, dan Anggur Pasak Bumi menjadikan hemaviton Jreng aman diminum oleh pria dan wanita.

Adaptasi dengan lingkungan baru

Pertimbangan kedua adalah kamu harus bisa menjadi orang yang mudah beradaptasi. Namanya juga merantau, pasti kamu akan menjumpai lingkungan baru di mana tak ada satupun orang yang kamu kenal. Butuh keberanian dan kemauan yang cukup untuk bisa berbaur dan membiasakan diri dengan lingkungan sekitar. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat, karena kamu bisa memiliki banyak teman dan suatu saat bisa meminta bantuan dari mereka, salah satunya saat sakit. 

Belajar memasak

Bisa memasak adalah salah satu keuntungan jika kamu berencana untuk merantau ke tempat baru. Selain bisa menghemat pengeluaran, dengan kemampuan ini kamu juga bisa mengobati rasa rindu saat ingin menyantap makanan khas rumahan. Maka, tak ada salahnya untuk mulai belajar memasak sedikit demi sedikit, kan?

Memahami transportasi umum

Menjalani kehidupan di lingkungan baru, terutama di kota besar juga menuntut kamu untuk bisa memahami jalanan dan transportasi umum yang bisa kamu manfaatkan setiap harinya. Untuk yang satu ini kamu bisa belajar dari teman atau dengan mencoba berbagai pilihan transportasi umum untuk beraktivitas sambil menghafal jalanan. Percayalah, lama-kelamaan kamu akan terbiasa dengan hal ini.

Mengatur keuangan

Memutuskan untuk merantau ke lingkungan baru berarti kamu juga harus siap untuk mengatur keuangan dengan baik. Untuk itu, cobalah untuk membagi penghasilan ke dalam beberapa pos, misal untuk biaya tempat tinggal, makan, hiburan, dan jangan lupa juga untuk sisihkan sebagian untuk dana menabung serta dana darurat. Jika mampu mengalokasikan dana dengan baik, maka kamu tak akan merasa kekurangan di akhir bulan.