5 Keuntungan Bangun Pagi

Friday, 16 September 2016

Orang Indonesia punya pepatah bijak : kalau bangun kesiangan, rezeki bisa dipatok ayam. Terbiasa bangun pagi membuat siklus tubuh kita lebih siap untuk berkonsentrasi dan menjalani pekerjaan dengan penuh energi. Selain itu ternyata ada beberapa fakta menarik, yang bakal bikin kamu makin semangat bangun pagi! Yuk simak apa saja :

1. Punya lebih banyak waktu
Kalau kita bangun satu jam lebih awal, kita bisa mendapatkan 365 jam ekstra dalam hidup kita. Ini setara dengan tambahan waktu 15 hari penuh alias setengah bulan! Bayangkan jika kita menghabiskannya dengan hanya tidur belaka, jadi buang-buang waktu, bukan? Ketika kita menggunakan waktu dengan lebih efektif, tentunya juga bakal bikin kamu lebih dekat dengan target dan cita-citamu!

2. Siklus tubuh makin sehat
Tubuh kita memang pada normalnya ditakdirkan untuk beristirahat di malam hari dan beraktivitas di siang hari. Secara fisik pun, cara kerja hormon dalam tubuh kita yang dipengaruhi siklus terang gelap terbit dan terbenamnya matahari. Kalau jam tidur nggak teratur atau bahkan kurang dari enam jam sehari, maka akan berpengaruh ke ketidakstabilan hormon di dalam tubuh. Udara segar yang masih minim polusi di pagi hari pun baik untuk kesehatan kita.

3. Tidur malam bakal lebih nyenyak dan berkualitas
Sering menunda-nunda bangun walau alarm sudah berbunyi nyaring? Mulai ubah kebiasaan ini yuk! Berbagai studi menunjukkan, mereka yang bangun awal bakal tidur akan tidur dengan lebih nyenyak juga malamnya. Bahkan ini jadi salah satu cara ampuh melawan gejala insomnia alias susah tidur. Jadi jangan sedih lagi ya kalau harus berpisah dari kasur. Kalau pagi ini kamu mengikuti tekadmu untuk segera bangun saat alarm berbunyi.

4. Lebih banyak waktu untuk mempersiapkan harimu
Tahukah kamu bahwa banyak orang sukses seperti Steve Jobs, Barack Obama, sampai Margaret Thatcher bangun sebelum jam 6 pagi. Mereka menggunakan waktu pagi hari untuk berolahraga, meditasi, merencanakan aktivitas seharian, atau untuk kerja dengan fokus mumpung belum ada teman kerja lain yang datang. Hal-hal seperti ini bisa membantu kita agar menjalani hari dengan lebih positif dan bersemangat, sebelum terjun bekerja yang kadang menguras konsentrasi serta bikin jenuh. Hasilnya cukup menjanjikan! Studi membuktikan mereka yang bangun pagi memang cenderung lebih proaktif dan produktif saat bekerja.