4 Orang Sukses Meski Tak Punya Pendidikan Tinggi

Wednesday, 24 May 2017

Pendidikan adalah salah satu jalan untuk mencapai kesuksesan. Dengan pendidikan seseorang dianggap ‘pintar’ dan punya kemampuan. Namun jangan berkecil hati dulu jika kamu termasuk orang yang tidak berkesempatan menapaki jenjang pendidikan tinggi. Sederet nama tokoh di bawah membuktikan mereka berhasil SUKSES meski tidak menempuh pendidikan tinggi. Siapa saja mereka?

Adam Malik
Pahlawan nasional yang juga merupakan mantan wakil presiden, menteri luar negeri, dan jurnalis ini ternyata bisa mencapai kesuksesan meskipun tidak mengenyam pendidikan tinggi. Adam Malik hanya sempat menyelesaikan pendidikan dasar di Hollandsch-Inlandsche School dan dilanjutkan dengan Sekolah Agama Madrasah Sumatera Thawalib, namun berhenti setelah 1.5 tahun. Meskipun demikian tekadnya untuk mengabdi pada bangsa sangat kuat sehingga ia merantau ke Jakarta di usia 20 tahuh. Ia memiliki kemampuan organisasi yang baik sehingga berhasil mendirikan kantor berita Antara, organisasi kemerdekaan, hingga partai politik.

Bob Sadino
Pebisnis eksentrik ini memang beruntung karena lahir di tengah keluarga yang bercukupan. Ia masih sangat muda ketika orangtuanya meninggal dan mewarisi seluruh harta kekayaan di usia 19 tahun. Bob memang memilih berhenti kuliah dan berkeliling dunia. Namun ia membuktikan pilihannya itu tidak semata-mata karena ia bocah kaya yang manja. Ia sempat menetap di Belanda dan Jerman, di sana ia bekerja di Djakarta lloyd, atau BUMN yang bergerak di bidang pelayanan angkutan kargo kontainer berbasis transportasi laut. Setelah mendapat pengalaman dan ilmu di luar negeri, almarhum Bob Sadino mulai mendirikan kerajaan bisnis di berbagai bidang. Salah satu yang paling terkenal adalah Kemchicks, supermarket kelas atas yang memiliki beberapa lokasi di Jakarta.

Andy F. Noya
Pemimpin redaksi salah satu stasiun televisi swasta yang mengawali kariernya sebagai wartawan di berbagai media besar tanah air hingga akhirnya memiliki acara talk show dengan namanya sendiri ini ternyata juga tak memiliki gelar sarjana. Andy F. Noya justru merupakan lulusan dari STM. Ia sempat melanjutkan pendidikannya di IISIP namun pada akhirnya tidak selesai karena kesulitan biaya. Beruntung, tekad dan kemampuan menulisnya membuat ia berhasil diterima sebagai wartawan Majalah Tempo. Kesempatan itu diambil Andy untuk membuktikan bakatnya dan mewujudkan cita-citanya sebagai wartawan sukses hingga hari ini.

Susi Pudjiastuti
Seperti diketahui masyarakat, Menteri Kelautan dan Perikanan kita saat ini, Susi Pudjiastuti adalah seseorang yang bahkan tidak lulus SMA. Susi hanya bersekolah hingga kelas dua SMA. Hal ini bukan disebabkan karena ia bodoh, malas, atau kurang mampu, namun karena ia aktif dalam gerakan golput hingga membuatnya dikeluarkan dari sekolah. Namun lagi-lagi kegigihan tekad mengalahkan segalanya. Susi yakin bisa hidup mandiri dan memulai usaha pengepul ikan dari modal menjual perhiasannya. Sejak itu perlahan usahanya semakin berkembang hingga ke luar negeri. Untuk memenuhi kebutuhan usahanya, Susi membeli sebuah pesawat kecil untuk mengangkut lobster hasil tangkapan ke Jakarta. Lalu ia mulai mengembangkan bisnis di bidang transportasi udara juga. Atas kepiawaiannya di bidang kelautan, akhirnya ia didaulat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sejak tahun 2014 lalu.