4 Digital Startup Indonesia yang Kamu Harus Tahu!

Thursday, 01 December 2016

Bisnis startup makin gegap gempita gaungnya di Indonesia. Milyaran rupiah sudah berputar dari investor dalam negeri maupun mancanegara untuk menggenjot perkembangan perusahaan-perusahaan berbasis digital di Indonesia. Di tahun 2016 ini pun bermunculan beberapa wajah baru di industri ini. Tak mau kalah dengan bisnis e-commerce dan startup digital yang sudah mulai mapan, perusahaan startup rintisan anak bangsa ini juga bersaing dengan mengusung ide yang orisinil dan eksekusi yang matang. Di antaranya ada 4 perusahaan yang mungkin akan kamu perlukan jasanya berikut ini :

Kudo
Kudo adalah startup yang memudahkan proses jual beli online. Di sini kamu bisa mendaftar jadi agen penjual dagangan online maupun menjadi pembeli biasa. Sebagai agen Kudo, kamu akan membantu orang-orang yang kesulitan atau ragu berbelanja online sendiri untuk melakukan pemesanan hingga pembayaran untuk mereka. Untuk setiap transaksi yang kamu bantu lakukan, kamu akan mendapat uang komisi dari Kudo. Lumayan nih, untuk bantu menambah penghasilan!

Ahlijasa
Saat cucian kotor menumpuk dan kehabisan waktu, kamu bisa coba gunakan aplikasi Ahlijasa untuk menyelesaikan kebutuhan laundry  kamu. Kamu tinggal memesan di aplikasi lalu Ahlijasa akan menjemput pakaian kotor kamu dan mengantarnya kembali dalam keadaan bersih. Selain jasa binatu, Ahlijasa juga menyediakan servis perbaikan AC, dan pembersih rumah. Cocok kan, untuk kamu yang tak punya waktu mengurus rumah? Startup yang satu ini juga sudah mencetak prestasi yaitu berhasil meraih juara di ajang Startup World Cup Indonesia pada Agustus 2016 lalu.

Taralite
Pernah kebingungan saat ‘kepepet’ dan harus meminjam uang dengan jumlah banyak dan dalam waktu cepat? Dengan Taralite kamu tidak perlu sampai pergi ke rentenir yang memasang bunga tinggi. Taralite hadir untuk bantu atasi persoalan peminjaman uang di masyarakat Indonesia. Utang yang ditawarkan mulai dari Rp 1.000.000,- sampai Rp 200.000.000,- dengan tenor satu hingga tiga tahun.

Kitabisa
Startup ini merupakan situs crowdfunding yang bergerak di bidang sosial. Di sini kamu bisa menyumbang dana maupun mengadakan penggalangan dana untuk isu yang menurutmu penting. Kamu dapat menemukan berbagai isu maupun organisasi yang butuh donasi. Kalau kamu punya organisasi serupa dan butuh pendanaan, coba saja daftarkan di Kitabisa.com. Atau kalau kamu ingin memberikan donasi, kamu juga bisa menyalurkannya via Kitabisa. Sudah banyak sekali pihak yang terbantu dengan startup ini, mulai dari pasien kanker yang butuh dioperasi sampai anak-anak jalanan yang butuh dana pendidikan.