10 Sambal Khas Indonesia yang Bikin Kamu Ketagihan

Wednesday, 23 November 2016

Sambal adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari orang. Meski bukan menu utama, sambal selalu dicari untuk menambah selera makan orang. Sambal di Indonesia memang ada banyak sekali ragamnya dan sangat terkenal hingga ke manca negara. Sebab, sambal khas Indonesia terkenal dengan perpaduan rasa yang gurih dan pedas menggigit. Nah, sambal mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Sambal Bajak
Ingin menambah kelezatan makanan, tetapi lidah dan perut tidak kuat jika terlalu pedas. Jangan kahwatir, kamu bisa mencoba menikmati sambal bajak yang tingkat rasa pedasnya cocok untuk pemula seperti kamu. Rasa pedas yang bersahabat ini dikarenakan sambal bajak tidak menggunakan cabai rawit di dalamnya, hanya cabai merah keriting dan ada campuran gula merah. Biasanya sambal bajak sangat umum ditemukan di warteg atau warung makan dari Jawa.

Sambal Matah
Kelezatan sambal matah pasti sudah banyak dikenal orang. Sambal yang berasal dari pulau dewata ini bukan hanya pedas, tetapi juga segar. Campuran di dalamnya adalah irisan bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, dan tomat hijau. Biasanya sambal matah dinikmati bersama makanan khas bali lainnya atau cocok juga untuk menemani menu bebek goreng.

Sambal Hijau
Jika kamu sering mampir ke rumah makan padang, pasti sudah tidak asing dengan sambal hijau. Sambal ini adalah pelengkap bagi aneka lauk nasi padang lainnya. Uniknya, meskipun masakan padang terkenal dengan rasa pedas, namun rasa sambal hijau, justru tidak terlalu pedas. Mungkin karena sambal hijau berperan ‘mengimbangi’ rasa pedas dari lauk masakan padang yang lain. Meskipun begitu, kehadiran sambal hijau menyempurnakan kenikmatan masakan padang.

Sambal Belacan
Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal sambal belacan dengan nama sambal terasi. Sebenarnya belacan dan terasi itu sama saja kok. Sambal terasi adalah salah satu sambal yang punya banyak penggemar. Sambal ini sering banget ditemukan di rumah makan khas Sunda. Rasanya cukup pedas, dan semakin gelap warna sambalnya, makan semakin kuat rasa dan aroma terasinya. Sedap!

Sambal Mangga
Ingin sambal yang segar? Mungkin ini saatnya kamu mencoba sambal mangga. Bagi yang belum pernah mencoba, mungkin akan sedikit bingung ya, apa benar mangga cocok dijadikan sambal? Nyatanya, cocok banget! Mangga yang digunakan bukan mangga ranum yang rasanya manis, tetapi mangga muda yang teksturnya masih sedikit keras dan memiliki rasa asam. Potongan mangga muda ini diiris memanjang seperti korek api lalu dicampurkan dengan sambal yang pedas. Jadi deh sambal mangga. Anehnya, sambal ini banyak dicari oleh para wanita hamil yang lagi ngidam. Lucu ya...

Dabu-dabu
Bergeser sedikit ke kota Manado, coba sendiri sensasi rasa pedas dari sambal dabu-dabu. Sambal ini hampir serupa dengan dengan sambal matah yang berasal dari Bali. Bedanya, sambal matah menggunakan lebih banyak rempah. Sementara sambal dabu-dabu memiliki rasa lebih pedas dan irisin isinya (bawang merah dan tomat) lebih besar-besar. Mantap deh!

Sambal Roa
Kelezatan sambal roa sudah tidak perlu diragukan lagi.  Karena memiliki bahan dasar ikan roa, maka sambal ini juga sering dijadikan lauk untuk isian nasi bakar. Cara membuatnya tidak begitu sulit, hanya mencampurka  ikan roa yang sudah dihaluskan dan ditumis dengan cabai meraah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Namun memang perlu bersabar agar bumbu benar-benar meresap sempurna.

Sambal Bawang
Bagi penggemar pedas, pasti bakal suka banget dengan sambal yang satu ini. Rasa pedasnya benar-benar mantap dan menggigit. Sambal ini jadi semakin populer sejak menjadi salah satu oleh-oleh khas Jawa Timur. Banyak sekali yang mengemas sambal bawang dalam botol plastik untuk dijual. Sambal ini cocok dinikmati dengan makanan apa saja dan jadi favorit para penggemar pedas!

Sambal Kecap
Sambal yang satu ini cara membuatnya sangat mudah, rasanya juga tidak terlalu pedas. Teta[pi sambal kecap jadi salah satu sambal wajib jika kamu ingin menikmati seafood. Makanan laut, baik itu digoreng atau dibakar, rasanya cocok banget dinikmati bersama sambal kecap dan sepiring nasi panas.

Sambal Petai
Meskipun tidak ada lauk pauk yang memadai, selera makanmu tetap akan bertambah jika ada kehadiran si sambal petai. Memang tidak semua orang menyukai petai, tetapi jika sudah suka, pasti tidak ingin melewatkan sambal petai yang pedas dan nikmat.

Dengan adanya sambal, makan memang jadi lebih nikmat. Rasanya menu apapun langsung ingin kamu santap. Saat nafsu makan bertambah, ingatlah untuk mengendalikan kolesterol dengan mengonsumsi hemaviton Cardio. Kandungan Phytosterol dapat memblok kolesterol yang masuk dari makanan sebelum terserap ke dalam darah. Makan tetap nikmat, kesehatan tetap terjaga!