Trik Bebas Bau Asap Kendaraan

Wednesday, 10 February 2016

Saat di tempat kerja, umumnya kita dituntut tampil bersih, rapi, bahkan wangi. Tapi bagaimana kalau kita harus naik motor atau kendaraan umum? Alhasil di tubuh, baju, dan rambut pun jadi tercium bau asap kendaraan. Hal ini harus cepat diatasi, karena kalau tidak, bau asap bisa menempel seharian dan mengganggumu bahkan rekan kerja di sekelilingmu. Berikut trik mudah mengatasinya:

Bersihkan pakaian
Beberapa orang memilih berganti baju yang bersih di tempat kerja. Namun jika kamu keberatan harus membawa pakaian ekstra setiap hari, kamu bisa luangkan waktu sebelum bekerja  untuk membersihkan baju yang kamu pakai saja. Di kamar kecil, lepas dan kibaskan baju agar merontokkan debu dan partikel asap yang menempel. Jika ada pengering tangan dalam jangkauan, gunakan untuk mengangin-anginkan bajumu.

Uapkan cuka
Dalam wastafel kamar kecil, campurkan cuka dengan air panas hingga mengeluarkan uap. Uap cuka ini ampuh mengikat dan mengusir bau asap kendaraan yang sebelumnya melekat pada tubuh, rambut, dan baju kita. Memang awalnya timbul aroma asam khas cuka, tapi jangan khawatir, aroma ini akan segera hilang dengan cepat.

Manfaatkan biji kopi
Untuk mencegah bau tak sedap menyebar dalam ruangan tempat kerjamu, kumpulkan biji kopi yang sudah disangrai dalam satu wadah dan biarkan terbuka di ruangan sepanjang hari. Zat kafein dalam kopi mengandung unsur nitrogen, yang dapat mengikat sulfur yang ada di asap kendaraan bermotor.

Taburan baking soda
Bukan hanya berguna sebagai bahan membuat kue, baking soda yang terdiri dari senyawa natrium bikarbonat ternyata juga bisa menetralkan bau pada sepatu hingga bau kulkas. Kamu bisa taburkan beberapa sendok baking soda ke bagian yang beraroma tak sedap dan biarkan sampai proses netralisasi ini berjalan secara alami.

Foto: Shutterstock