Tips Sabar Menghadapi Bawahan yang Masih Hijau

Wednesday, 13 December 2017

Dipromosikan menjadi supervisor atau manajer adalah kabar baik untuk kamu. Beragam tantangan baru pun bermunculan, termasuk dalam mengelola tim yang kamu pimpin. Namun apa jadinya jika anak buah kamu adalah karyawan yang belum berpengalaman dan bahkan fresh graduate? Sebenarnya hal ini bisa jadi keuntungan juga lho, tergantung bagaimana kamu menghadapainya. Coba simak tips berikut ini untuk menghadapai bawahan yang masih hijau.

Pecahkan masalah sendiri
Mereka mungkin masih baru dan muda, tetapi jangan meremehkan kemampuan mereka. Saat ada masalah, jangan langsung menginterupsi atau bahkan mencoba ‘menyuapinya’ dengan solusi dari kamu. Beri mereka kesempatan unyuk memecahkan masalah sendiri, siapa tahu mereka bisa menemukan cara yang lebih kreatif dan efektif. Jika masalah yang dihadapi dirasa terlalu sulit, ajak mereka berdiskusi—bukan hanya memerintah. Selain bisa menumpulkan kemampuan mereka, terlalu banyak intervensi dari kamu hanya akan membuat mereka malas. Kedepannya mereka akan selalu bertanya bahkan untuk hal-hal yang bisa mereka cari jawabannya sendiri. Kamu tidak mau ini terjadi kan?

Bantu bersosialisasi
Para anak muda cenderung lebih pemalu dan membatasi diri saat harus bergaul dengan rekan kerja lain yang usianya lebih tua. Apalagi jika suasana di tempat kerja termasuk formal. Agar lebih nyaman, bantulah ia bersosialisasi. Misalnya dengan mengajak makan siang bersama anggota tim yang lainnya atau melemparkan jokes yang menggambarkan kepribadian masing-masing anggota tim. Dengan begitu ia akan lebih mudah beradaptasi.

Perhatian sederhana
Mengingat hal-hal kecil seperti ulang tahunnya dan memberikan ucapan selamat, akan membuatnya merasa dihargai. Mereka akan senang saat kamu mengingatnya dan kamu pun akan berhasil membuat lingkungan kerja menjadi lebih nyaman.

Apresiasi yang nyata
Beri pujian jika memang anak buahmu berhasil memberikan kontribusi cemerlang untuk pekerjaan. Namun pastikan pujian tersebut tulus dan memang didasari keberhasilannya. Pujian basa-basi hanya akan membuatnya tidak mempercayai kamu.

Kurangi formalitas
Tidak perlu terlalu formal dalam menunjukan otoritas Anda. Dibalik pembawaan mereka yang santai, sebenarnya mereka menghargai kamu lebih dari yang ditunjukan. Daripada bersikap layaknya guru killer, lebih baik tunjukan sikap yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Project jangka pendek
Karyawan berusia muda biasanya memiliki rentang perhatian yang singkat. Suka atau tidak, kamu harus beradaptasi sebagai atasan. Usahakan memberikan pekerjaan dengan target singkat (atau bahkan target harian). Hal ini ini akan membuat mereka lebih nyaman dan produktif. Cara lain untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi mereka adalah dengan memastikan asupan vitamin mereka terpenuhi. Misalnya dengan mengonsumsi hemaviton Stamina Plus. Multivitamin yang mengandung Ginseng, Guaranine, dan L-Glutamic Acid untuk membantu memulihkan stamina dan memelihara daya konsentrasi. Minum hemaviton Stamina Plus setiap hari biar kesehatan dan kerjaan nggak terbengkalai. Nggak ada salahnya dong jadi bos yang selalu siap sedia dengan hemaviton Stamina Plus di kantor?.