Tips Anti-Gugup Saat Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

Monday, 09 March 2015

Interview kerja adalah one step closer menuju pekerjaan impian. Kebanyakan orang akan merasa sangat gugup menjelang hari yang ditentukan. Hal ini wajar saja terjadi kok. Namun, jika rasa gugup tersebut mulai mengganggu performamu, ikuti tips anti gugup berikut ini yuk.

Be prepared
Biasanya rasa gugup muncul karena takut dan tidak siap. Nah, hal inilah yang terkadang kurang diketahui oleh para job seeker. Buat kamu yang akan menghadiri sebuah interview kerja, persiapkanlah diri dengan sangat baik. Kamu perlu mengenal lebih dalam tentang profil perusahaan dan divisi yang kamu pilih. Mengetahui visi dan misi perusahaan akan menjadi nilai plus buat kamu lho. Jangan lupa untuk membawa portofolio yang akan semakin mendukung resume mu. Semakin kamu siap, maka rasa gugup akan sirna dengan sendirinya.

Berpikir positif dan percaya diri
Percaya diri adalah sebuah modal utama untuk sukses dalam sebuah interview. Saat melakukan tanya jawab, interviewer tidak hanya melihat bobot dari jawaban kamu tapi juga cara kamu menyampaikannya. Jika kamu bicara dengan nada yang gugup dan ragu, interviewer akan memberikan penilaian yang negatif.  Jadilah seseorang yang penuh aura positif dan menjawab pertanyaan dengan lugas. Bayangkan saja jika bertemu orang yang sangat positif dan percaya diri, siapa yang mampu menolak resume kamu?

Melakukan meditasi
Meditasi adalah cara relaksasi yang mampu membuat kamu merasa lebih tenang. Lakukan meditasi selama 30 menit di pagi hari agar kamu merasa tenang dan penuh energi positif sepanjang hari. Sesaat sebelum memasuki ruangan, lakukan teknik pernafasan untuk membuatmu lebih relaks.

Buang jauh rasa gugupmu kemudian ganti dengan sikap positif yang penuh percaya diri. Jangan biarkan momen penting ini berlalu dengan penuh penyesalan karena rasa gugup dan cemas ya. Berjalanlah dengan penampilan terbaikmu disertai dengan senyum ramah penuh percaya diri. Good luck! (kln/ay)