Temukan Pekerjaan Ideal dengan Cara Ini

Thursday, 22 October 2015

Jangankan para first jobber  atau mereka yang baru memasuki dunia kerja. Mereka yang sudah bertahun-tahun menggeluti pekerjaan mereka saja seringkali gundah ingin berhenti dan mencoba pekerjaan baru yang dirasa lebih sesuai dengan passion-nya. Bekerja sesuai passion  memang bisa membuat hidup lebih ringan. 

Menemukan pekerjaan ideal sesuai passion memang tidak mudah. Gaji besar dan pekerjaan yang keren di gedung mewah seringkali bukan jawaban. Menurut Lisa Quast, career coach dan penulis buku Your Career Your Way,  untuk menemukan passion luangkan waktu untuk menyendiri dan jawab pertanyaan berikut.
1.    Apa yang membuat kamu bahagia?
2.    Apa definisi sukses menurut kamu?
3.    Apa hal dalam pekerjaan yang selalu dapat kamu selesaikan dengan baik?
4.    Apa hal yang kamu benci dalam pekerjaan?
5.    Kamu ingin dikenal sebagai apa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas telaah lagi apa yang selama ini kamu lakukan dalam hidup, kebiasaan yang kamu kembangkan secara natural, games favoritmu, buku yang kamu baca, dan sebagainya. Jawaban kamu akan membawa kamu pada sejumlah pilihan daftar pekerjaan yang dapat kamu coba.  Lalu untuk menemukan seberapa ideal suatu pekerjaan untukmu kamu bisa membuat batasan seperti apa pekerjaan ideal versi kamu. Setiap orang memiliki batasan ideal berbeda. Eksplorasi juga jenis pekerjaan tersebut dari segala sisi mulai jobdesc hingga lingkungan dan orang-orang yang terlibat di sana, serta manfaatnya bagi sekitarmu. 

Siapkan juga skill kamu ya. Latih terus agar kemampuan kamu semakin terasah. Jangan lupa fisik juga perlu dipelihara. Jaga stamina tubuh kamu agar selalu siap mengerjakan berbagai tugas dengan konsentrasi dan fokus penuh. Jika skill dan fisik kamu saling mendukung, karier ideal pun siap menghampirimu.

Foto: Shutterstock