Punya Bakat Seni? Pertimbangkan Jurusan Berikut Ini

Friday, 21 October 2016

Jika dulu kesenian seringkali ‘hanya’ dianggap sebagai hobi, maka dewasa ini kesenian juga menjadi suatu bidang yang dapat dipertimbangkan sebagai profesi. Mengingat tingginya minat anak muda Indonesia terhadap dunia seni, semakin banyak pula perguruan tinggi yang menyediakan jurusan-jurusan seni. Apakah kamu salah satu yang tertarik? Jika ya, tidak ada salahnya melanjutkan pendidikan ke jurusan-jurusan di bawah ini

Seni Musik
Ingin memperdalam keahlian bermain musik? Atau ingin jadi orang yang menciptakan musik itu sendiri? Bisa kok. Jika kamu memang tertarik pada dunia music, jangan setengah-setengah. Alangkah baiknya mempelajari lebih jauh di jurusan musik. Di jurusan ini, kamu tidak hanya sekadar diajari ‘tampil’ di atas panggung, namun menjadi musisi seutuhnya dari dasar. Mulai dari membaca not, membuat aransemen, dan teknik bermusik yang baik. Ilmu tersebut tentunya akan membuatmu jadi musisi yang lebih ‘cerdas’. Pilihan karier setelah lulus dari jurusan ini pun beragam, mulai dari guru musik, pemain musik, penyanyi, komposer musik, penata musik film,dan lain sebagainya. Jurusan musik tersedia di beberapa kampus di antaranya Universitas Pelita Harapan dan Institut Seni Indonesia.

Seni Pertunjukan
Kalau kamu suka jadi pusat perhatian, ekspresif, dan sedikit drama, mungkin memperdalam seni pertunjukan bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. Seni pertunjukan tidak hanya merujuk pada teater dan acting saja, tetapi juga seni tari. Pastinya kamu akan dilatih agar bisa mendalami berbagai peranan dan tarian dengan melatih ekspresi wajah, intonasi vocal, Bahasa tubuh, dan aneka koregrafi yang mendukung. Selain latihan untuk jadi ‘bintang’ di depan layar, kamu juga bisa belajar skill di balik layar dunia pertunjukan seperti menata gaya, cahaya, riasan, hingga menulis skenario untuk sebuah pementasan. Salah satu kampus yang banyak melahirkan aktor dan aktris keren di Indonesia adalah Institut Kesenian Jakarta.  Keren banget ya?

Seni Rupa & Desain
Jika kamu suka menggambar, membuat desain atau karya seni lainnya, berarti kamu cocok banget untuk mempelajari seni rupa dan desain. Seni rupa sendiri memiliki banyak turunan, mulai dari seni rupa murni, seni kriya, desain produk, interior, dan desain komunikasi visual. Kamu bisa memilih memperdalam salah satunya yang sesuai dengan minatmu. Meskipun begitu, desain komunikasi visual (DKV) adalah salah satu peminatan yang paling populer di fakultas seni rupa. Hal ini dikarenakan kebutuhan desainer grafis cukup banyak, hamper semua industri membutuhkan kemampuan desainer grafis untuk mempromosikan produk dan perusahaan mereka. Bahkan banyak kampus yang membuka jurusan DKV meskipun kampus mereka tidak memiliki fakultas khusus seni.

Sinematografi
Ingin terjun di dunia televisi, film, atau bahkan membuat animasi sendiri? Mungkin saja, guys! Di sini kamu tidak hanya belajar hal-hal teknis saja, tetpi juga diasah agar memiliki kepekaan estetika dan intelektualitas. Kepekaan estetika ini berperan penting dalam proses kreatif sehingga kamu bisa menghasilkan sebuah karya pencitraan yang berkualitas. Selain diajari membuat film atau program acara televisi, fakultas sinematografi biasanya juga memiliki pilihan jurusan fotografi. Kedua skill ini memiliki masa depan yang ‘cerah’ karena sangat mungkin diterapkan di era digital seperti saat ini.

Fashion Desain
Industri fashion adalah salah satu industri yang paling berkembang saat ini, termasuk juga di Indonesia. Setiap tahunnya, semakin banyak desainer baru maupun pagelaran fashion yang bermunculan. Jika kamu merasa memiliki selera berbusana yang baik dan suka memadu-madankan gaya, kenapa tidak mendaftar ke jurusan fashion desain. Menjadi fashion designer adalah profesi yang bergengsi karena tidak semua orang bisa melakukannya. Fashion designer bukanlah profesi yang bisa digeluti sembarangan orang. Desainer yang baik benar-benar menguasai pengetahuan tentang membuat gambar, pola, memilih material, menjahit, tren fashion terkini, hingga memberikan filosofi dalam karyanya. Beberapa sekolah mode di Indonesia di antaranya adalah ESMOD, Susan Budiharjo, dan La Salle Collage.

Bagaimana guys? Jangan ragu untuk terus mewujudkan cita-citamu ya. Biar lebih semangat, tambah energimu dengan hemaviton Energy Drink. Kandungan taurine, ekstrak ginseng, dan vitamin di dalamnya, dapat memberikan energy secara instan untuk kamu yang aktivitas saat mengerja impianmu!