Manfaat Musik untuk Kesehatan

Friday, 26 June 2015

Setiap hari kita dikelilingi musik. Dari speaker gym saat berolahraga, lantunan jingle di TV, sampai menjadi teman melawan bosan saat terjebak macet, musik setia mendampingi kita menjalani kesibukan sehari-hari. Namun, bukan hanya sebagai pendamping saja, ada banyak manfaat musik lainnya yang mungkin kamu belum ketahui.

Musik membantu ingatan
Pernahkah kamu pernah bertanya-tanya mengapa kamu bisa mengingat lirik dari lagu yang kamu dengarkan hanya sekilas, tapi sering lupa password akun social media yang baru kamu buat? Wonder no more! Musik adalah mnemonic device yang dapat memacu ingatan seseorang. Ditambah lagi, pengulangan yang ada di dalam melodi lagu juga membantu mempermudah memorisasi. Jadi kalau kamu ingin menghafal sesuatu dengan cepat, kamu bisa mengubahnya menjadi lagu supaya lebih mudah diingat.  

Mengurangi stres dan kecemasan
Mungkin kamu sudah tahu kalau musik adalah mood booster yang membuat kamu lebih santai. Eits, tapi tidak semua jenis musik lho! Jika kamu sedang stress, cobalah untuk mendengarkan musik klasikal yang tenang atau musik instrumental tanpa lirik dengan nada yang rendah. Ini akan membantumu memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stress. Jadi, next time kamu sedang uring-uringan, kamu tahu harus nyalakan musik yang kayak gimana untuk bikin mood kamu enak lagi.

Musik mengurangi rasa sakit
Studi terhadap pasien yang mendengarkan musik setelah operasi telah membuktikan hal ini. “Jika kamu sibuk memikirkan hal yang lain, maka kamu tidak akan memikirkan rasa sakitmu,” jelas David Bradshaw, seorang psikolog dari University of Utah’s Pain Research Centre, seperti dikutip dari brainfacts.org

Musik bikin latihan fisik lebih baik
Hayo ngaku, siapa yang selalu masang earphone atau headphone waktu lagi olahraga? Walaupun kamu sebenarnya hanya nyalain musik supaya nggak bosan, tapi ternyata musik itu bisa membuat hasil olahraga lebih efektif lho! Mendengarkan musik dengan tempo yang cepat dapat membuat kamu bersemangat dan mampu berolahraga lebih intens. Menurut riset yang dilakukan oleh Sheffield Hallam University pada tahun 2012, sinkronisasi gerakan kamu ke alunan musik dapat membantumu lebih efisien dalam menggunakan energi. Dengan acuan denyut musik, kamu bisa mempertahankan kecepatan yang stabil dan mengurangi langkah-langkah yang salah. Saking hebatnya efek musik terhadap kemampuan berolahraga sampai peneliti dari Brunel University, Costas Karageorghis, menulis bahwa musik adalah 'a type of legal performance-enhancing drug' keren sekali ya!