Ini Modal untuk Menjadi Desainer Video Game

Tuesday, 22 September 2015

Untuk kamu-kamu yang menyukai game, apakah kamu pernah bercita-cita menjadi bagian dari industri gaming? Atau pernahkah terpikir untuk membuat desain dan menciptakan game versi kamu sendiri? Jika iya, mungkin desainer video game bisa menjadi pilihan karier kamu.

Semua video game berawal dari konsep. Tugas utama seorang desainer video game adalah untuk merancang, mengolah, dan meracik konsep tersebut supaya bisa menjadi game yang asyik untuk dimainkan. Tentunya, ini adalah pekerjaan menantang yang membutuhkan banyak keterampilan khusus.
 
Apa sajakah keterampilan yang harus dikuasai? Ayo baca daftar ini sampai akhir ya.

1.    Cinta Game
Desainer yang baik, tidak hanya mempunyai passion tentang game, tapi juga harus tahu tentang perkembangan industri game. Mereka diharapkan untuk mengetahui apa saja yang membedakan game yang baik dari yang buruk. Maka penting banget untuk memiliki cinta yang besar terhadap game.

2.    Edukasi yang Tepat
Seorang desainer video game harus menguasai antara lain: animation, video game design, dan game development. Oh ya, kamu juga harus mengetahui computer programming lho!
 
3.    Kreativitas Tinggi
Main game itu gampang. Membuat game itu yang susah. Seorang desainer video game diwajibkan untuk mempunyai daya imajinasi dan kreativitas tinggi. Kamu bisa kembangkan keterampilan tersebut dengan cara banyak-banyak bermain game dan  menonton film. Tapi imbangi juga dengan banyak membaca buku untuk memperluas wawasan kamu, ya!

4.    Team Player
Membuat game itu juga membutuhkan teamwork. Kamu harus sering-sering berkomunikasi dan berkolaborasi dengan para programmer, sound engineer, tester, dan juga desainer lainnya untuk membuat sebuah video game yang unik dan menarik.
 
5.    Dapatkan Pengalaman
Walaupun sudah mempunyai edukasi yang tepat, biasanya kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena perusahaan game rata-rata membutuhkan desainer yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, ayo dapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya dengan cara mencoba mengembangkan game sendiri atau magang di perusahaan. Keahlian dan pengalaman yang didapat dari tahap ini akan sangat berguna untuk resume kamu. 

Foto: Shutterstock