Ingin beralih bidang kerja? Pertimbangkan dulu hal berikut!

Friday, 23 December 2016

Memasuki tahun baru, ada yang berencana banting seltir karier dan beralih ke bidang pekerjaan baru. Kamu salah satunya? Sungguh niat yang berani! Tak banyak orang mau mengambil langkah ini karena risikonya cukup tinggi. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum melanjutkan rencana ini. Contohnya :

Cukupkan Tabungan
Banting setir karier berarti kamu harus siap memulai nol di tempat baru. Kamu juga harus mengesampingkan segala ego dan keinginan kamu untuk mendapatkan posisi maupun penghasilan yang setara dengan sebelumnya. Tidak tertutup juga kemungkinan kamu bisa ditempatkan di posisi yang lebih rendah dari sebelumnya. Untuk itu, sebelum benar-benar berhenti dari kantor yang sekarang, pastikan tabunganmu sanggup menopang segala kebutuhan finansial untuk beberapa bulan ke depan.

Harus Menyesuaikan Surat Lamaran dan Resume
Resume yang sudah bertahun-tahun mengantarmu melanglang buana di bidang kerja saat ini mungkin sudah mumpuni, tetapi untuk banting setir karier, otomatis kamu dituntut membenahinya lagi agar sesuai dengan target pekerjaan baru. Suka tak suka, pengalaman kerjamu selama ini jadi kurang relevan di tempat kerja yang baru. Jadi lebih baik kamu lengkapi resume dengan tulisan analisis atau portfolio yang sesuai sebagai bukti kamu punya dasar kemampuan yang relevan. Tuangkan juga niatan untuk terus belajar dalam surat lamaran. Berilah kesan kamu seorang profesional yang open minded dan mau berkoordinasi. Dengan begini, perusahaan akan lebih percaya untuk memanggilmu wawancara.

Kebutuhan Soft Skill di Tempat Baru
Jika secara keahlian teknis dan akademis kamu kalah saing dari calon lain, yang harus kamu angkat adalah keterampilan pribadi alias soft skills. Gali lagi apa saja soft skill yang telah kamu pelajari di pekerjaan yang lama. Misalnya untuk kamu yang memulai profesi sebagai perawat, selama ini kamu belajar soft skill untuk terampil melayani publik. Ketika ingin pindah ke industri perbankan, komitmen pelayanan publik ini bisa juga diterapkan. Intinya, kamu wajib menjelaskan apa saja dasar-dasar keahlianmu yang cocok diterapkan di bidang kerja yang baru.

Cari Sertifikasi Keahlian
Tunjukkan bahwa selain berbekal niat, kamu juga mengantongi sertifikasi yang berkaitan dengan  bisa menunjukkan kamu tidak sama sekali buta tentang bidang pekerjaanmu yang baru. Ini akan menjadi modal penting untuk bersaing dengan para pelamar lain yang memang lebih muda dan berlatar pendidikan yang sesuai dengan bidang yang kamu sasar.

Ketahui Plus-Minus Pekerjaan Impian
Untuk kamu yang memang sudah bosan di kantor yang sekarang, kerjaan impian pasti jadi terbayang jauh lebih menyenangkan. Tetapi jangan sampai tergiur pada khayalan yang terlalu tinggi ya. Sebaiknya kamu perbanyak dulu pengetahuan tentang bidang karier yang baru ini. Tanyakan mengenai seluk beluk pekerjaannya sampai kesempatan kerjanya pada teman-teman yang berkecimpung di industri terkait. Setelah menimbang plus-minusnya, barulah kamu bisa dibilang siap berburu kesempatan di bidang karier yang baru.

Gimana, apakah semua poin di atas sudah kamu pikirkan matang-matang? Jika ya, good luck! Semoga rencanamu lancar dan jalur karier yang kamu pilih jadi lebih baik dari sebelumnya. Jangan lupa minum hemaviton Stamina Plus agar selalu fokus dan memiliki stamina prima untuk sukses bekerja di manapun pilihan kamu ya!