Dos & Donts Saat Outing Kantor

Wednesday, 25 November 2015

Outing bersama teman kantor memang dapat membuat hubungan dengan rekan kantor semakin akrab. Berkumpul bersama di luar jam kerja dan bukan untuk urusan pekerjaan memang bisa membuat interaksi lebih santai. Tetapi hati-hati meski berlangsung dalam suasana kasual, hadir dalam outing juga ada aturannya. Perhatikan rambu-rambu berikut agar saat mingle ini dapat mendukung kariermu.

DOs

1. Ikut aktif dan antusias dalam setiap permainan yang digelar dan menjalin keakraban dengan rekan divisi lain.

2. Kenakan pakaian yang layak dan sopan. Santai boleh saja, tapi jangan berlebihan. Untuk wanita hindari busana terlalu seksi seperti hot pants atau rok super mini. Untuk pria meski santai, hindari juga t-shirt yang terlalu lusuh dan kotor.

3. On time. Jangan mentang-mentang santai lalu datang terlambat. Apalagi jika acaranya di luar kota. Terlambat berkumpul bisa menghambat jadwal acara berikutnya.

4. Aktif berbincang dengan atasan atau para CEO. Tidak perlu obrolan berat tentang target pekerjaan, pembicaraan ringan saja tentang hobi atau musik juga dapat dilakukan.

5. Meski bukan panitia, kamu juga bisa ikut menolong lancarnya acara dengan memberi bantuan. Sigap memindahkan meja atau membagi-bagikan kue untuk yang hadir.

DON’Ts

1. Asyik sendiri dengan smartphone kamu. Hand phone memang bagai penyelamat untuk menghindari situasi yang canggung. Tapi bukankah esensi dari outing adalah mencairkan ketegangan dan menjalin keakraban?

2. Bersikap terlalu jaim. Saat outing banyak sekali permainan kelompok atau individual yang digelar. Singkirkan rasa sungkan, bersikaplah lepas tak perlu malu ikut berjoget atau bersikap spontan.

3. Kabur. Outing tidak hanya sekadar mengisi daftar hadir dan setor muka. Hindari niat seperti pulang duluan atau menghilang di sesi acara tertentu. Kamu bisa dianggap tidak menghargai bahkan dinilai bukan team player yang baik.

4. Menghabiskan jatah makanan. Bisa saja hidangan yang ada terbatas. Kalau kamu suka dengan jenis makanan tertentu mengambil tambahan 1-2 buah boleh saja, tapi hindari mengisi penuh piringmu dengan satu jenis makanan sampai orang lain tidak kebagian.

5. Berkelompok dengan 'geng'-mu saja. Berbaurlah dengan semua orang yang ada. Hindari bergosip dan berbisik-bisik dengan teman akrabmu saja.

Outing biasanya diselenggarakan di akhir pekan dan berakhir di minggu sore bahkan malam. Kalau sudah begitu rasanya hari senin ingin dilewat saja karena tubuh rasanya masih penat. Tapi padatnya pekerjaan tidak bisa ditunda dong. Kalau sudah begitu kamu butuh suntikan energi. Sambut awal minggu bersama hemaviton Energy Drink. Minuman energi untuk membantu meningkatkan kesegaran, menghilangkan kantuk dan rasa lelah. Hadir dalam kemasan slim can yang gaya dan praktis dibawa-bawa.

Foto: Shutterstock