Coba Bikin Bisnis dari 5 Oleh-oleh Khas Daerah Ini!

Wednesday, 24 August 2016

Aktivitas mudik atau jalan-jalan ke daerah, ternyata bisa mendatangkan peluang usaha saat kembali ke ibukota. Berbagai oleh-oleh khas daerah ternyata kerap menjadi sesuatu yang dicari oleh warga ibukota. Jika kamu jeli dan pintar mencari target pasar yang tepat, berjualan oleh-oleh khas daerah bisa jadi tambahan pemasukan yang cukup menjanjikan. Apa saja ya contohnya?

Kerajinan tangan
Setiap daerah pasti memiliki beragam kerajinan tangan khas yang berbeda satu sama lain. Mulai dari gantungan kunci, dompet anyaman, pajangan rumah, aksesori, dan masih banyak lagi. Kerajinan tangan tersebut mungkin terlihat pasaran di daerah asalnya masing-masing, namun saat dibawa ke ibukota,kerajinan tangan ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk dijadikan suvenir pernikahan atau dipakai sehari-hari. Misalnya saja kalung dan gelang dari Bali, sandal anyam dari Jogja, dan lain-lain.

Kain tradisional
Berbagai daerah di Indonesia memiliki ragam kain trandisional yang sangat menarik. Sebut saja batik yang telah menjadi ikon budaya negara kita. Meskipun batik dapat dijumpai di mana saja, namun masing-masing daerah memiliki ciri khasnya sendiri. Misalnya, batik dari Garut tentu berbeda dengan batik Solo ataupun Pekalongan. Belum lagi jenis kain lainnya seperti tenun atau songket. Pandai-pandailah memilih kain bercorak cantik agar bisa dijual kembali dengan harga yang bagus.

Keripik buah
Memang ada berbagai macam makanan ringan dari berbagai daerah. Namun, jika ingin menjualnya kembali, lebih baik kamu memilik camilan yang tidak mudah basi atau rusak. Keripik buah, bisa jadi salah satu pilihan yang menarik. Sebab, hampir semua orang menyukai camilan jenis keripik. Di Malang, kamu bisa menemukan keripik yang dibuat dari aneka buah seperti nangka, apel, nanas, rambutan, semangka, hingga duren! Variatif banget ya? Sedangkan di Lampung, sangat terkenal dengan produksi pisang susu aneka rasa (vanila, cokelat, melon, dan lainnya). Kalau sedang jalan-jalan ke daerah tersebut, lebih baik langsung borong untuk dijual kembali.

Barang dari kulit
Jaket dan sepatu kulit sudah menjadi atribut fashion yang banyak dicari orang. Memang sih, sepatu dan jaket kulit asli memiliki tekstur yang bagus dan juga kuat. Makanya banyak orang rela merogoh kocek mahal untuk membelinya. Sebenarnya beberapa wilayah di Indonesia sudah terkenal lama sebagai produsen barang-barang dari kulit. Misalnya daerah Cibaduyut di Jawa Barat yang dikenal sebagai produsen sepatu kulit atau Garut yang dikenal sebagau daerah pembuat jaket kulit keren. Nah, nggak ada salahnya kan menjual kembali barang-barang keren ini di ibukota? Pasti banyak peminatnya.

Batu Akik
Batu akik memang nggak ada matinya. Sampai sekarang, masih banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk memperoleh batu akik sebagai aksesori. Harganya juga nggak main-main lho. Jika kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke daerah penghasil batu akik seperti Pulau Kasiruta di Maluku Utara, Nagan raya di Aceh, atau Kebumen serta Purbalingga, coba deh berburu batu akik dengan harga miring agar bisa dijual kembali dengan untung yang lumayan.