Cara Menjadi Atasan Teladan di Mata Anak Buah Kamis, 09 Maret 2017

Cara Menjadi Atasan Teladan di Mata Anak Buah

Setelah dapat promosi dari perusahaan, apa target kamu selanjutnya? Tentu saja menjadi atasan yang baik dan menjadi panutan bagi anak buahnya. Simak 7 kualitas yang harus kamu miliki jika ingin dinilai sebagai atasan teladan oleh bawahanmu!

Jujur
Jadilah pemimpin yang jujur. Perusahaanmu (atau tempatmu bekerja) dan juga anggota tim menjadi cerminan dari dirimu sendiri. Jika kamu bersikap jujur, maka anggota tim akan mengikuti nilai-nilai yang kamu anut tersebut.

Bijak membagi tugas
Belajarlah untuk mempercayai anggota tim kamu dan delegasikan tugas dengan bijak. Mempercayai anggota tim adalah tanda kekuatanmu—bukan kelemahan. Kunci terbaik saat mendelegasikan tugas adalah dengan mengenali anggota tim mana yang paling bersemangat mengerjakan tugas tersebut. Kemungkinan, mereka akan memikirkan dan mengerjakan tugas itu dengan lebih baik dibandingkan orang lain. Selain itu, mereka juga akan menikmati proses pengerjaannya.

Komunikasi baik
Jika kamu bisa memikirkan suatu ide dengan jelas dalam kepala tetapi saat menyampaikannya pada anggota tim, mereka hanya menatapmu dengan tatapan kosong, maka ada yang salah dengan communication skill yang kamu punya. Latih dan tingkatkan terus kemampuan berkomunikasi kamu. Jika kamu bisa membuat tim memahami dan menyamakan persepsi denganmu, maka kalian akan lebih mudah mencapai target bersama.

Percaya diri
Dalam bekerja, ada kalanya kondisi tim atau perusahaan menurun. Jika itu terjadi pada tim kamu, tunjukan sikap percaya diri, tenang, dan tidak panik. Tanamkan pada anggota tim bahwa kegagalan yang kalian alami adalah pembelajaran agar lebih fokus dalam meraih target yang lebih tinggi nantinya.

Selalu fokus
Jika kamu ingin anggota tim bekerja keras dan mencapai target dengan baik, maka tunjukan bahwa kamu adalah pekerja keras dan memiliki kualitas dalam bekerja. Tidak ada yang lebih memotivasi anak buah dibanding melihat atasan mereka bekerja sama keras dan menunjukan kerja keras harus dilakukan oleh semua tingkat jabatan. Optimalkan fokusmu saat bekerja dengan mengonsumsi hemaviton Stamina Plus (baca juga: Apa yang harus dilakukan saat hilang fokus kerja?)

Sikap positif
Tingkatkan semangat tim kamu lewat berbagai cara. Baik itu membagikan makanan ringan, kopi, hingga saran hubungan. Cobalah mengingat setiap orang di tim kamu dan keunikan mereka. Cara ini dapat menjaga mood di kantor agar tetap seimbang baik saat serius maupun santai.

Kreativitas
Kamu harus bersikap kreatif saat mengambil keputusan. Jangan memilih sebuah solusi hanya karena solusi itu terlihat lebih mudah daripada pilihan lainnya. Pikirkan matang-matang, jika perlu lemparkan masalah kepada tim untuk mendapatkan solusi terbaik. Berpikirlah out of the box, bahkan saat kamu harus mengambil keputusan yang terbaik di antara pilihan yang buruk. Percayalah pada intuisimu.

Related Story

Other Article