Agar Resolusi Tak Gagal Lagi Senin, 11 Januari 2016

Agar Resolusi Tak Gagal Lagi

Setiap awal tahun dimulai, setiap saat itulah resolusi dibuat. Ingin hidup lebih sehat, ingin menurunkan berat badan, sampai ingin menabung demi liburan keliling dunia. Tapi menginjak bulan ketiga, resolusi yang dibuat seperti terlupakan. Hidup pun berlangsung seperti semula.
Jangan ulangi kesalahan yang sama, lakukan ini agar resolusi kamu tidak berhenti di tengah jalan lagi.

1.    Pastikan masuk akal
Mimpi setinggi mungkin boleh saja, tapi pastikan tetap masuk akal. Coba ingat lagi apa yang membuat resolusi kamu gagal tahun kemarin? Apakah berat badan yang ingin diturunkan terlalu tinggi atau uang yang ingin dikumpulkan terlalu besar. Tetapkan resolusi sesuai kemampuanmu. Jika tidak, kamu akan merasa lelah dan tak memiliki energi bahkan sebelum langkah dimulai.
2.    Sedikit demi sedikit
Untuk mimpi yang besar, kamu perlu proses. Pecah mimpimu menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dicapai setiap bulannya. Misalnya kalau ingin mengumpulkan dana untuk membeli kendaraan, mulailah dengan memangkas dana akhir pekan dan menabung sekian rupiah setiap bulannya. Atau kalau ingin turun berat badan mulailah mengurangi porsi makan sebelum mengubah menunya. Rasa puas mencapai target bulanan bisa menambah semangat untuk mencapai tujuan sampai tuntas.
3.    Spesifik
Cita-cita yang mengawang bikin kamu juga kesulitan mencapainya. Tentukan secara spesifik. Jangan hanya menulis ingin menabung lebih banyak atau ingin lebih sehat. Sebutkan jumlahnya uang yang ingin kamu kumpulkan agar kamu bisa menyusun keuanganmu lebih tertib. Sebutkan juga rencana sehatmu seperti apa. Misalnya menabung 500 ribu sebulan, olahraga renang seminggu sekali, atau membatasi junkfood hingga tiga bulan sekali.
4.    Refresh lagi setiap bulan
Tidak perlu menunggu tahun baru untuk menyegarkan resolusimu. Titik balik natural seperti memasuki pekerjaan baru atau memulai minggu/ bulan baru sama efektifnya untuk memotivasi kita menyelesaikan rencana. Seperti dilansir Washington Post, menurut Andrew Carton, Asisten Profesor di Wharton University, waktu-waktu tersebut adalah kesempatan untuk memutus hubungan dari diri ‘yang lama’. Refresh secara periodik ini membantu mengingatkanmu pada rencana utamamu.
5.    Umumkan
Ada kecenderungan kita akan merasa malu kalau tidak berhasil mencapai sesuatu yang kita gembar-gemborkan. Umumkan resolusimu pada teman-temanmu di media sosial atau ceritakan pada teman-teman dekatmu. Selain meningkatkan motivasimu untuk mencapai target, mengumumkan resolusi juga dapat membuat kamu mendapatkan support dari teman-temanmu saat kamu mulai melenceng dari rencana.

Foto: Shutterstock

 

Related Story

Tips Aman Saat Belanja Online Jumat, 15 September 2017

Tips Aman Saat Belanja Online

Other Article