5 Keuntungan Kalau Kamu Jadi PNS

Friday, 21 October 2016

Menjadi PNS mungkin sudah tak seksi lagi di mata anak muda yang sedang gemar menjadi entrepreneur atau vlogger. Selain beberapa stigma negatif yang kerap muncul karena ulah segelintir oknum dari kalangan PNS, profesi ini juga dinilai membosankan. Padahal sebenarnya, banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika sudah didaulat jadi Pegawai Negeri Sipil ini.

Jam Kerja Lebih Pasti
Tak seperti pegawai kantoran kebanyakan yang sering lembur dan jam kerja kadang tak menentu, jika menjadi PNS kamu akan punya jam kerja yang pasti. Masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 16.00 dengan hanya lima hari kerja, akan jadi rutinitasmu sehari-hari. Kamu jadi punya lebih banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan lain atau bikin bisnis sampingan di rumah.

Tunjangan yang Besar
Selain mendapatkan Tunjangan Hari Raya setiap tahunnya, kalau sudah jadi PNS kamu akan mendapatkan tunjangan pensiun yang dijamin oleh negara dan tunjangan kerja bulanan yang tak sedikit. Mungkin gaji pokokmu tidak sebesar temanmu yang bekerja di perusahaan swasta, tetapi akumulasi semua tunjangan bulananmu bisa membantumu melunasi cicilan rumah.

Mudah Berpindah Instansi
Hanya dengan mengantongi NIP (Nomor Induk Pegawai), kamu lebih mudah berpindah instansi. Tanpa perlu ribet memperbaharui CV untuk mencari kantor baru, dengan surat rekomendasi dari atasanmu kamu bisa minta dipindah tugaskan ke instansi pemerintah lainnya. Walau proses pemindahan juga terbilang cukup lama, tapi kemungkinan disetujui cukup besar.

Tawaran Beasiswa Terbuka Lebar
Jika ingin naik jabatan atau tingkat pekerjaan, bisa mencoba dengan bersekolah lagi. Banyaknya tawaran beasiswa untuk universitas dalam dan luar negeri membuka kesempatan khusus bagi PNS. Biasanya beasiswa ditawarkan oleh Departemen PU, Departemen Keuangan, atau lembaga luar negeri. Asalkan dapat mengantongi surat ijin dari atasan (minimal setingkat eselon 2), pengajuan beasiswa akan lebih mudah disetujui.

Kemudahan Pinjaman ke Bank
Keuntungan ini yang tidak dapat dirasakan oleh pegawai perusahaan swasta. Dengan menjaminkan surat keterangan pengangkatan atau disebut SK PNS kepada bank, kamu dapat meminjam uang cash dari bank. Dengan memotong gajimu tiap bulannya, keinginan mencoba usaha kecil sendiri atau membangun rumah dapat pelan-pelan terwujud kalau kamu jadi PNS.

Bagaimana, tertarik mencoba tes CPNS tahun depan setelah melihat 5 keuntungan ini? Tak selamanya menjadi PNS itu buruk kok. Banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan menjadi pegawai pemerintahan dan pelayan masyarakat.