4 Hal Diperhatikan Bos Saat Wawancara

Thursday, 04 January 2018

Saat menghadapi wawancara kerja, tentu ingin agar calon bos dapat memilih kamu sebagai kandidat utama yang nantinya terpilih. Namun, tentunya ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum menjalankan wawancara kerja. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai pelamar adalah untuk mempersiapkan diri menjawab pertanyaan yang dilontarkan, maupun penilaian yang diberikan oleh calon bos saat wawancara berlangsung. Yuk ikuti tips berikut ini;

Penilaian #1 : Fokus Pada Pertanyaan

Kebanyakan dari calon pelamar merasa gugup saat wawancara pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan mereka menjadi tidak fokus saat mendengar pertanyaan yang dilontarkan oleh para pewawancara. Akhirnya jawaban yang seharusnya benar jadi melebar bahkan cenderung berputar-putar, sehingga pewawancara tidak mendapat jawaban yang ingin mereka dengar.

Kuncinya: Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan benar-benar menyimak pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara dan usahakan untuk merespon pertanyaan tersebut secara alami serta dalam nada bicara yang menyenangkan.

Penilaian #2 : Percaya Diri, tapi Tidak Berlebihan

Jangan terlalu percaya diri terlebih membesar-besarkan peran kamu dalam pekerjaan sebelumnya. Hal ini kemungkinan akan dinilai sebagai “terlalu mengada-ada”.

Kuncinya: Jelaskan dengan baik dan mudah dimengerti oleh pewawancara, peran kamu selama berkerja di perusahaan sebelumnya secara tertata (perlihatkan portfolio jika ada). Selain itu terangkan harapanmu ketika nantinya dapat bergabung di perusahaan yang baru dengan pemahaman yang baik dan realistis. Selalu ingat untuk tidak terlalu percaya diri, yang takutnya justru akan terkesan sombong.

Penilaian #3 : Bisa Diandalkan

Berganti perkerjaan bukan berarti kamu akan lepas dari masalah, justru akan dihadapkan dengan masalah yang sama atau bahkan masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya. Oleh sebab itu kemampuanmu dalam memecahkan masalah akan diuji dengan pertanyaan studi kasus. Dengan ini pewawancara akan menilai apakah kamu seseorang yang dapat memecahkan masalah atau tidak.

Kuncinya: Berikan jawaban sesuai, berdasarkan pengalaman, atau berdasarkan pemahaman kamu. Usahakan tetap fokus pada permasalahan yang ditanyakan oleh pewawancara.

Penilaian #4 : Tunjukkan Kemampuan

Tunjukan kemampuan dari pengalaman yang sebelumnya tanpa perlu dilebih-lebihkan. Usahakan untuk mengutarakan pendapatmu tanpa terbata-bata. Hal ini penting, agar kamu tidak dinilai sebagai pribadi yang plin-plan.

Kuncinya: Janganlah mencoba menjadi seseorang yang bukan diri kamu. Tunjukkan saja kamu memang punya kemampuan dalam batasan tertentu, tetapi jangan tutup kemauanmu untuk belajar hal-hal baru sehingga kemampuanmu bertambah. Bisa saja si Bos melihat usahamu dan mempercayakan kamu untuk berbagai tanggung jawab baru.

Usahakan untuk tetap fokus, sehingga kamu memiliki kepercayaan diri dalam menjawab pertanyaan. Jangan sampai saat wawancara kamu terlihat gugup dan lelah. Biar segar berenergi, minum saja hemaviton Jreng! Kandungan taurine, ginseng, multivitamin dan madu, akan membantu menjaga stamina sehingga tubuhmu tetap segar dan nggak gampang lelah. Jreng rasanya, Jreng juga staminanya! Semoga sukses yaa!