3 Penyebab Waktumu di Kantor Jadi Kurang Produktif Sabtu, 06 Januari 2018

3 Penyebab Waktumu di Kantor Jadi Kurang Produktif

Dalam dunia profesional yang sibuk, seringkali kamu akan merasa kewalahan. Dengan jadwal yang—kadang—tidak masuk akal, bahkan kamu merasa kesulitan berjuang untuk bisa fokus dari segala gangguan yang diterima. Akibatnya, kamu harus menghabiskan waktu kerja lebih lama untuk hasil yang kurang maksimal. Permasalahan ini ternyata dapat disimpulkan sebagai ‘sindrom distraksi’.

Jadi, situasi apa saja yang menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi hingga jadi kurang produktif pada saat waktu berkerja?  Ikuti ulasan berikut ini:

Penyebab #1 Multitasking

Mengerjakan banyak tugas dalam kurun waktu yang singkat apalagi deadline yang berbarengan pastinya sangat membingungkan. Harus dimulai dari mana, dan pekerjaan mana yang harus diproritaskan? Belum lagi kamu dihadapkan dengan berbagai schedule dan harus membalas e-mail. Hal ini menjadi salah satu penyebab kamu jadi tidak bisa berkonsentrasi dan akhirnya menjadi tidak produktif.

Kuncinya: Kamu harus belajar memahami bahwa tidak akan bisa mengerjakan banyak hal sekaligus. Belajarlah mendelegasikan tugas dengan orang lain, dan beri ruang untuk dirimu sendiri. Belajarlah berkata ‘tidak‘ atau menolak proyek baru. Akuilah bahwa kamu bukan orang yang terbaik untuk tugas tertentu.

Penyebab #2 Idea Hopping

Kamu merasa menggebu-gebu saat mendapat tugas, namun pada pertengahan pengerjaan merasa tidak bisa menyelesaikan apa yang kamu mulai. Kamu kehilangan fokus yang disebabkan kurangnya perencanaan pada saat memulai tugas. Akhirnya, saat ditengah-tengah waktu pengerjaan kamu merasa kebingungan dan ada saja yang terlupakan.

Kuncinya: Pertama, tuliskan idemu dan tentukan mana yang paling menarik perhatianmu. Jangan pilih lebih dari tiga untuk benar-benar kamu implementasikan. Tuliskan juga nama orang-orang yang bisa membantumu mewujudkan ide ini, dan diskusikanlah strategimu dengan mereka. Terakhir, jangan mudah menyerah. Banyak orang memiliki kemampuan jauh dari yang mereka kira, dan yakinlah kamu bisa.

Penyebab #3 Pikiran Tidak pada Tempatnya

Kurangnya fokus dalam berkerja juga dapat disebabkan karena pikiran kamu tidak ada ditempat kerja, walaupun pada saat itu adalah waktu kamu berkerja. Hal ini dikarenakan kamu keasyikan melakukan pembicaraan via aplikasi pesan serta asyik melihat-lihat media sosial di smartphone atau malah bergosip di toilet, yang menyebabkan waktu bekerja jadi berkurang. Hal ini membuat kamu jadi kurang fokus dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Kuncinya: Atur waktu sebaik-baiknya. Kamu harus tau kapan waktu untuk berkonsentrasi dalam perkerjaan, dan kapan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang bersifat hiburan. Jika diperlukan kamu bisa menulis status ‘Busy’ di aplikasi chatting yang kamu gunakan atau mematikan smartphone untuk sementara waktu.

Jika kamu merasa susah untuk fokus dan mudah terdistraksi, sebaiknya segera kembalikan mood-mu, contohnya dengan mendengar musik sambil bekerja atau minum kopi agar tidak mengantuk.

Selain itu perhatikan asupan makananmu agar tubuh tetap sehat, dan otak pun dapat bekerja optimal. Jika perlu, lengkapilah nutrisimu dengan multivitamin hemaviton Stamina Plus. Multivitamin harian yang dapat membantu meningkatkan stamina dan konsentrasimu. Setiap kapsulnya mengandung Vitamin A, C, E, Zinc, Vitamin B1, B2, hingga Calcium. Di tengah kesibukan yang menyita tenaga dan waktu, kamu akan tetap fokus dan berstamina.

Related Story

Other Article

4 Tantangan Bekerja di Stasiun TV Jumat, 05 Januari 2018

4 Tantangan Bekerja di Stasiun TV