Tips Aman Ngabuburit Pakai Motor

Wednesday, 07 June 2017

Apa aktivitas favoritmu untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa alias ngabuburit? Salah satu yang sering dilakukan banyak orang adalah jalan-jalan berkeliling sambil mencari makanan berbuka. Lebih enak lagi kalau kamu ngabuburit sambil naik motor. Sebab menjelang jam berbuka, biasanya lalu lintas sangat padat dan macet, sehingga ngabuburit adalah cara yang lebih praktis. Nah, biar acara ngabuburi pakai motor tetap aman, coba perhatikan beberapa tip berikut ini.

Jangan lupa helm
Meskipun kamu hanya pergi ke daerah sekitar rumah, jangan sampai lupa memakai helm. Ingat ya, keselamatan tetap yang utama. Apalagi saat kondisi jalan sedang ramai-ramainya menjelang jam berbuka puasa. Selain itu dengan menggunakan helm, kamu juga akan selalu siap saat harus berburu makanan di tempat yang lebih jauh.

Hindari tas bertali panjang
Entah itu sebagai pengemudi ataupun penumpang, sebaiknya kamu tidak menggunakan tas bertali panjang saat menaiki motor. Tas bertali panjang sangat rentan terhadap aksi penjambretan dan juga tersangku di rantai motor. Agar lebih nyaman, gunakan tas selempang dengan panjang tali medium yang lebih aman dan mudah melindunginya.

Duduk dengan aman
Tidak jarang penumpang wanita yang menaiki sepeda motor duduk dengan posisi menyamping atau miring. Padahl posisi duduk seperti ini sebenarnya lebih berbahaya, lho. Posisi tubuh dan motor menjadi kurang seimbang. Pengemudi pun jadi lebih sulit mengendarai motor. Lebih aman jika Anda atau penumpang sepeda motor Anda menaikinya dengan posisi duduk lurus menghadap ke depan. Posisi tersebut membuat motor lebih seimbang dan mudah dikendalikan.

Letakkan bawaan di tengah
Nah, setelah memperoleh Makanan Ngabuburit yang kamu suka, tempatkan semua makanan dalam satu tas atau plastik sehingga mudah di bawa. Jika memungkinkan gantungan di bagian depan motor yang memang khusus untuk menggantungkan tas. Namun jika bawaanmu terlalu banyak dan rentan tumpah, letakkan di bagian tengah motor di antara pengemudi dan penumpang.

Jaga kesabaran, jaga puasamu
Lalu lintas menjelang berbuka biasanya padat merayap. Jaga terus kesabaranmu, jangan tersulut emosi ataupun tidak sabaran. Tetap tenang dan kemudikan motor dengan aman. Dengan menjaga kesabaran, kamu bukan hanya menjaga keselamatan diri saat berkendara tetapi juga menjaga puasamu.