Tingkatkan Konsentrasi dengan Mewarnai

Thursday, 19 May 2016

Kamu butuh hiburan di tengah penatnya kerja? Buku mewarnai bisa jadi teman yang menyenangkan lho! Ya, buku mewarnai bukan cuma milik anak-anak. Orang dewasa di seluruh dunia kini sedang menggandrungi buku mewarnai. Pasalnya, kegiatan mewarnai ini dapat mengurangi stres bahkan bisa melatih konsentrasi kita.

Seperti yang dilansir dari website Huffington Post, kegiatan mewarnai bisa memberi efek relaksasi karena membangkitkan imajinasi dan kegembiraan masa kecil. Selain itu, saat mewarnai otak kita akan mengerahkan kemampuan logika, motorik halus, dan kreativitas dalam waktu yang bersamaan. Dengan otak kiri dan kanan kita bekerja secara simultan seperti ini, kita akan dengan mudah melupakan sejenak persoalan dan beban kita. Fokus kita pun jadi terpusat pada tiga tugas sederhana: memilih bentuk untuk diwarnai, memilih warna, dan memberi warna. Hal ini akan berulang menjadi siklus hingga tugas kita tuntas.

Dalam kehidupan nyata, kebiasaan mengikuti siklus menuntaskan tugas sebelum mengambil tugas berikutnya ini juga baik untuk melatih konsentrasi. Contohnya ketika pekerjaan sedang menumpuk, bukannya berujung pusing akibat memikirkan semuanya sekaligus, kita sudah terbiasa untuk fokus menyelesaikannya satu demi satu.

Tertarik membeli adult coloring book? Yuk teliti sebelum membeli. Jika kamu berkunjung ke toko buku terdekat, kamu akan menemui beberapa jenis buku mewarnai yang berbeda. Ada yang berisi desain pola abstrak, pola simetris yang biasa disebut mandala, dan ada pula yang berisi gambar realis. Makin rumit bentuknya, makin lama pula kamu menyelesaikannya. Maka itu, pilihlah adult coloring book dengan visual yang kamu nilai paling bagus ya, agar membuatmu betah memandanginya selama berjam-jam!